Peluang Usaha Bisnis Makanan Ringan Khas Daerah atau Oleh-oleh

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri. Bagi yang jeli, hal itu bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis dengan cara membuka gerai oleh-oleh khas suatu daerah.

Biasanya orang yang mengunjungi suatu daerah tertentu, akan membeli makanan khas daerah tersebut sebagai oleh-oleh bagi keluarganya maupun rekan-rekan kerjanya. Kebiasaan yang sudah membudaya di masyarakat ini bisa dijadikan ide bisnis yang menguntungkan.

Apabila tempat tinggal anda berada di sekitar area pariwisata atau pun daerah yang sering dilewati orang-orang yang keluar masuk antar daerah, kondisi ini bisa anda manfaatkan untuk merealisasikan ide usaha ini.

Kemudahan utama dalam membuka usaha oleh-oleh ini adalah mudahnya dalam mencari pasokan makanan. Anda cukup mencari makanan-makanan khas yang diproduksi di daerah anda. Tidak perlu sampai ke luar daerah.

Peluang bisnis makanan khas daerah ini cukup prospektif. Dikarenakan selisih harga modal dan penjualan biasanya cukup tinggi. Asalkan anda berhasil memilih tempat yang strategis, ide usaha ini kemungkinan besar akan sukses.

Tips Sukses Membuka Usaha Makanan Khas Daerah

  • Cari Lokasi yang Strategis

Seperti kami uraikan di atas, kunci utama untuk sukses dalam bisnis oleh-oleh khas daerah ini ada pada lokasi yang strategis. Usahakan jangan memilih lokasi yang sulit dicapai oleh orang-orang yang berhilir mudik antar kota. Paling strategis adalah di pusat-pusat pariwisata, atau di area route keluar dari tempat wisata maupun ke luar kota. Dengan begitu dagangan anda akan lebih mudah terlihat dan mudah dijangkau.

  • Lengkapi produk makanan daerah yang anda jual.

Dengan tersedianya dagangan yang lengkap pembeli akan merasa tertarik untuk membeli lebih banyak dagangan anda. Di samping itu, pembeli juga akan merasa puas hanya dengan berbelanja di gerai/toko anda, tanpa perlu ke tempat lainnya. Sehingga suatu saat apabila dia datang berkunjung ke kota anda, gerai anda akan menjadi tujuan utamanya ketika memerlukan untuk membeli oleh-oleh. Bahkan sangat mungkin ia akan merekomendasikan kepada kerabat maupun rekan-rekannya untuk berbelanja oleh-oleh di gerai anda tatkala ada yang bepergian ke kota anda.

  • Sediakan Produk Lainnya

Kalau mungkin, sediakan juga produk-produk khas tetangga daerah anda. Ini bertujuan agar orang-orang yang terlupa belanja oleh-oleh khas daerah yang sempat dilewatinya bisa berbelanja di toko anda.

  • Sediakan Display.

Ini termasuk penting. Agar orang-orang yang berlalu lalang lebih mudah melihat produk-produk anda. Sehingga lebih menarik orang untuk membeli. Meskipun ruang yang dibutuhkan untuk membuat display tidak terlalu besar, tapi usahakan agar berbagai jenis makanan khas anda bisa terlihat dari luar, dari jarak pandangan mata.

Disamping agar bisa menarik pelanggan, hal ini juga bertujuan agar dagangan anda terlihat rapih an bersih, sehingga pembeli merasa nyaman dan aman untuk berbelanja di toko anda.

  • Mencari Stok Makanan Khas Daerah

Kalau kita ingin mudah dalam mencari stok memang bisa kita lakukan dengan membeli di distributor atau toko lainnya. Akan tetapi jika kita ingin harga yang lebih miring maka disarankan untuk membeli langsung ke produsen, karena tentunya harga akan sedikit lebih murah. Dengan begitu keuntungan kita akan bisa lebih maksimal.

  • Kerjasama dengan Biro Perjalanan

Dalam memaksimalkan penghasilan dari peluang usaha ini akan sangat baik jika kita melakukan kerjasama dengan pihak agen biro perjalanan. Memberikan bonus-bonus tertentu bagi pihak biro perjalanan karena mengistirahatkan para penumpang di toko milik kita. Dengan begitu potensi penghasilan dari bisnis makanan ini akan semakin maksimal.

  • Promosikan Usaha Anda

Supaya keuntungan yang anda dapatkan dari jualan makanan ringan khas daerah ini lebih besar, maka anda perlu lakukan suatu promosi tertentu.

Cara termudah dan efisien bagi bisnis ini adalah menggunakan peralatan seperti spanduk dan papan nama, serta petunjuk jalan, yang dipasang di tempat-tempat yang besar kemungkinannya dilalui oleh-orang-orang dalam perjalanan antar kota. Tentunya harus mudah terlihat dan menarik.

 

Perkiraan Biaya yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Makanan Khas Daerah

Melakukan Renovasi Bangunan Kurang lebih Rp.15.000.000
Belanja Dagangan Kurang lebih Rp.10.000.000
Biaya Total Kurang Lebih Rp.25.000.000
Nb: Perhitungan ini belum termasuk sewa lahan.

 

Perkiraan Keuntungan Per Bulan dari Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah

Omzet (Pendapatan) Per Bulan  Kurang lebih Rp.20.000.000
Pengeluaran
Menggaji Karyawan Per Bulan Kurang lebih Rp.1.400.000
Belanja dan Transportasi Kurang lebih Rp.15.000.000
Total Pengeluaran Per Bulan Kurang lebih Rp.16.400.000
Perkiraan Keuntungan Per Bulan Kira-kira Rp.3.600.000

 

Demikian cara, tips, dan perkiraan modal serta keuntungan untuk membuka usaha makanan khas daerah yang bisa kami hadirkan. Lakukan riset lapangan sebelum memulai usaha anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan kesuksesan selalu menyertai anda.

One Response

Tinggalkan Balasan