Jenis – Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

Saat ini Anda tentu telah bisa melihat ada banyak sekali peluang usaha yang bermunculan. Anda harus benar – benar jeli dalam memilih jenis usaha yang akan Anda lakukan karena tidak semua usaha memiliki prospek yang bagus. Salah satu jenis usaha yang bisa Anda pilih adalah usaha agribisnis.

Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia merupakan negara agraris yang beriklim tropis dan memiliki kondisi tanah yang sangat subur sehingga akan sangat sesuai untuk tempat tumbuh berbagai jenis tanaman.

Kondisi tanah yang sangat subur di Indonesia dan juga matahari yang terus bersinar sepanjang tahun, tentu bisa menjadi sebuah peluang emas bagi Anda untuk menggeluti usaha di bidang agribisnis. Usaha agribisnis sendiri bisa dibagi lagi menjadi berbagai macam kagtegori yang mana salah satunya adalah usaha tanaman.

Namun tentu saja tidak semua jenis tanaman bisa Anda manfaatkan untuk mencari keuntungan. Apabila Anda tertarik untuk mencoba usaha agribisnis, maka berikut ini akan kami ulas beberapa jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan usaha.

Jenis – Jenis Tanaman Yang Cocok Dijadikan Usaha

  1. Tanaman Hias

Tanaman hias menjadi jenis tanaman pertama yang sangat sesuai untuk Anda jadikan sebagai usaha. Pada umumnya, banyak orang yang membutuhkan tanaman hias untuk ditanam di taman – taman rumah mereka. Anda bisa menjual berbagai macam tanaman hias yang saat ini sedang populer, baik dari jenis tanaman bunga maupun tanaman hias lainnya sehingga akan lebih laku terjual.

  1. Tanaman Souvenir

Banyak yang beranggapan jika tanaman souvenir sama saja dengan tanaman hias, meskipun memiliki fungsi yang sama yakni sebagai hiasan atau pajangan. 

Namunkedua jenis tanaman ini sangatlah berbeda. Pada umumnya tanaman souvenir memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tanaman hias dan biasanya dijadikan sebagai kenang – kenangan pada acara tertentu.

  1. Tanaman Sayuran

Jenis tanaman ketiga yang juga sangat sesuai untuk dijadikan sebagai usaha adalah tanaman sayuran. Jenis tanaman yang satu ini tergolong ke dalam jenis tanaman konsumsi seperti misalnya wortel, kangkung, kembang kol, sawi, dan berbagai jenis tanaman sayur lainnya. Jenis tanaman sayur ini sangatlah sesuai apabila Anda tanam di kawasan dataran tinggi yang udaranya sejuk.

  1. Tanaman Buah

Tanaman buah menjadi jenis tanaman keempat yang juga bisa Anda jadikan sebagai usaha. Sama seperti halnya tanaman sayuran, tanaman buah akan diambil buahnya untuk dikonsumsi. 

Adaberbagai macam tanaman buah yang bisa Anda tanam seperti misalnya apel, semangka, jeruk, anggur, dan berbagai macam tanaman buah lainnya. Jenis tanaman buah juga membutuhkan lahan yang luas untuk menanamnya.

  1. Tanaman Rempah

Seperti yang Anda ketahui, bahwa Indonesia sudah sejak lama dikenal sebagai negara penghasil rempah terbaik di dunia. Tanaman rempah sendiri dibutuhkan oleh banyak masyarakat, baik itu sebagai bumbu penyedap masakan ataupun untuk kesehatan tubuh, sehingga permintaannya selalu tinggi di pasaran. Selain itu jenis tanaman rempah juga bisa Anda budidayakan di lahan yang terbatas.

Apabila Anda ingin menjalankan usaha di bidang agribisnis, maka Anda bisa memilih jenis tanaman di atas yang sesuai untuk usaha.

Tinggalkan Balasan