Ingin Membuka Biro Perjalanan Haji dan Umroh? Ini Cara dan Strateginya

Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, yang salah satu kewajiban bagi muslim yang mampu adalah melaksanakan ibadah haji ke Makkah, menjadikannya sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang terjun dalam bisnis biro perjalanan haji dan umroh.

Untuk dapat melakukan perjalanan ke Tanah Suci, orang-orang Islam Indonesia membutuhkan jasa travel haji dan umroh agar memudahkan mereka dalam menjalani ibadah dengan tersedianya fasilitas dalam perjalanan maupun saat menetap di tanah yang dikuasai oleh Kerajaan Arab Saudi tersebut. Dengan begitu, peluang usaha untuk membuka agen haji dan umroh ini cukup terbuka lebar.

Meskipun persaingan dalam ide bisnis ini makin ketat, tapi peminatnya juga terus bertambah seiring bertambah banyaknya penduduk Indonesia.

membuka-travel-haji-dan-umroh

Banyaknya travel haji dan umrah yang ada di Indonesia, baik kecil maupun besar, meniscayakan strategi-strategi tertentu untuk dapat menggaet klien. Bagi anda yang ingin terjun dalam peluang bisnis ini silahkan ikuti tips berikut:

  1. Pastikan Legalitas Usaha Anda

Supaya tidak terjadi persamasalahan di kemudian hari atau saat sedang melakukan proses pengurusan calon jamaah, pastikan bahwa usaha jasa haji dan umroh anda, persyaratan dan legalitasnya lengkap. Dengan begitu anda akan bisa lebih tenang dalam bisnis anda, dan calon jamaah pun lebih yakin untuk mau bergabung dengan biro anda.

  1. Pastikan Kualitas Fasilitas dan Tim Anda

Agar usaha anda bisa terus maju maka anda harus memastikan kepuasan klien anda. Di antaranya dengan memastikan kualitas dari fasilitas yang anda berikan, juga kualitas keahlian tim anda. Jangan berikan pelayanan yang asal-asalan. Bahkan usahakan untuk memberikan pelayanan yang di atas rata-rata, lebih tinggi dari kualitas pelayanan agen perjalanan haji dan umroh yang lain.

Rincinya, fasilitas yang harus anda usahakan untuk bisa membuat nyaman jamaah anda adalah hotel yang nyaman, makanan yang enak, transportasi yang bagus, dan lain-lain. Selain itu, anda harus siapkan ustad pembimbing yang ahli di bidangnya, bukan sekadar ustad-ustadan. Sehingga benar-benar mampu memberikan tuntunan dan jawaban bagi hal-hal yang kurang atau tidak diketahui jamaah.

membuka-usaha-perjalanan-haji-dan-umroh

  1. Partner Bisnis yang Tepat

Agar biro haji dan umroh anda menjadi suatu bisnis yang profesional maka juga harus dikelola oleh orang-orang yang professional di bidangnya. Begitu juga dengan partner bisnis yang menjalankan tugas di tanah suci, juga harus orang-orang yang professional. Lakukan kerjasama dengan handle dan muthowif yang professional, bukan sembarang orang.

Hal ini sangat penting karena mereka inilah yang nantinya akan menghandle para jamaah haji saat ada di Tanah Suci. Sehingga kesuksesan dan profesionalitas mereka saat mengerjakan tugasnya akan berimbas besar bagi citra usaha anda.

  1. Pastikan Anda Menyediakan Makanan khas Indonesia

Haji dan umroh merupakan ibadah fisik yang memerlukan vitalitas tinggi. Oleh karena itu, selama melaksanakan ibadah haji atau pun umroh, jamaah perlu mendapatkan asupan makanan yang baik. Makanan yang sekiranya para jamaah mampu memakannya (doyan).

Supaya para jamaah terjaga vitalitasnya dan doyan makan, selalu sediakan makanan ala Indonesia, sehingga para jamaah tidak merasa asing dengan makanan yang diberikan, dimana makanan yang tidak cocok dapat mengakibatkan malas makan dan menurunkan vitalitas, bahkan sakit. Untuk menjamin tersedianya pasokan makanan ala Indonesia, anda bisa melakukan kerjasama dengan perusahan catering Indonesia yang berada di Tanah Suci.

  1. Berikan Harga yang Kompetitif bagi Calon Jamaah Anda

Untuk dapat terus bersaing dalam bisnis biro jasa perjalanan haji dan umrah, anda harus berikan harga yang masuk akal dan tidak terlalu mahal. Jangan berikan harga yang terlalu mahal, terutama kalau usaha ini baru anda buka, akan sulit mencari klien. Kecuali kalau sudah cukup besar dan biro perjalanan anda mempunyai nilai lebih dibanding biro-biro yang lainnya, maka bisa sedikit anda naikkan harganya  dengan memberikan rincian kenapa lebih mahal dan apa keistimewaan dari perusahaan anda.

membuka-usaha-jasa-perjalanan-haji-dan-umroh

Biasanya, umumnya masyarakat akan lebih cenderung melihat harga yang miring dan fasilitas yang baik. Oleh karena itu dua hal ini harus anda perhatikan baik-baik, yakni harga yang masuk akal (tidak terlalu mahal) tapi memiliki kualitas layanan maupun fasilitas yang bagus.

Agar pendapatan perusahaan biro perjalanan anda makin bertambah, tidak ada salahnya jika sekalian membuka bisnis tiket. Dengan begitu penghasilan dari perusahaan anda akan meningkat dengan tetap berada dalam bidang bisnis yang sejenis. Ide usaha tiket reguler ini tidak akan terlalu merepotkan, karena pola kerjanya tidaklah terlalu rumit.

Demikian uraian tetang cara membuka biro perjalanan haji dan umroh dan strateginya yang dapat kami ulas. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari peluang bisnis. Semoga sukses!

 

One Response

Tinggalkan Balasan