Ide Usaha Ternak di Lahan Sempit Yang Menguntungkan

Saat ini Anda telah bisa melihat ada sangat banyak peluang usaha yang tersedia, meskipun demikian tentu saja Anda tidak boleh memilihnya dengan asal-asalan. Menentukan jenis usaha memang harus membutuhkan berbagai pertimbangan terlebih dahulu dengan tujuan agar Anda tidak salah dalam memilih jenis usaha. Salah satu jenis usaha yang sangat layak untuk Anda perhitungkan adalah usaha ternak, pasalnya jenis usaha ini memang memiliki prospek yang menjanjikan di masa depan.

Gambar burung peternak

Sebagian besar masyarakat masih berpikir bahwa untuk memulai usaha ternak akan membutuhkan lahan yang luas, hal tersebut memang benar. Namun bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas untuk menjalankan usaha ternak, maka Anda tidak perlu berkecil hati terlebih dahulu. 

Baca juga: Ide Usaha di Kampung yang Bagus dan Menguntungkan

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis usaha ternak yang tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga sangat sesuai bagi Anda yang tinggal di lahan sempit seperti misalnya di perkotaan. Berikut ini akan kami berikan beberapa ide usaha ternak di lahan sempit yang menguntungkan.

Ide Usaha Ternak di Lahan Sempit Yang Menguntungkan

  1. Ternak Burung

Peternakan burung

Salah satu ide usaha ternak yang bisa Anda lakukan di lahan sempit adalah ternak burung. Jenis usaha yang satu ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan karena saat ini ada semakin banyak masyarakat yang memiliki hobi memelihara burung. Anda bisa beternak beberapa jenis burung yang memiliki nilai jual tinggi seperti misalnya burung kenari, murai, lovebird, dan lainnya. Selain beternak burung, Anda pun bisa sekalian menjual pakan burung.

  1. Ternak Jangkrik

Gambar budidaya jangkrik

Ternak jangkrik merupakan pilihan usaha yang sangat tepat bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas. Usaha ternak yang satu ini juga memiliki prospek yang sangat menjanjikan karena ada banyak pehobi burung yang membutuhkan jangkrik sebagai pakannya. Usaha ternak jangkrik sendiri tidak membutuhkan modal yang besar dan juga tidak membutuhkan perawatan rumit.

  1. Ternak Kroto

Gambar budidaya kroto

Sama halnya dengan jangkrik, usaha ternak kroto juga memiliki prospek yang menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan besar. Kroto sendiri banyak dibutuhkan sebagai pakan untuk burung peliharaan sehingga memiliki harga yang cukup tinggi. Usaha ternak kroto juga tergolong sangat mudah dan bisa dimulai dengan modal yang terbatas serta bisa dilakukan pada lahan yang sempit.

  1. Ternak Cacing Tanah

Gambar budidaya cacing tanah

Mungkin ada sebagian masyarakat yang masih meragukan prospek dari usaha ternak cacing tanah. Padahal perlu Anda ketahui bahwa jenis usaha ternak yang satu ini memiliki prospek yang sangat menggiurkan. Pasalnya cacing tanah sering digunakan sebagai bahan baku dari berbagai macam produk obat – obatan dan juga kosmetik. Usaha ternak cacing tanah bisa dilakukan di lahan yang terbatas.

  1. Ternak Semut Jepang

Gambar budidaya semut Jepang

Ide usaha ternak berikutnya yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan adalah ternak semut jepang. Perlu Anda ketahui bahwa semut jepang kini dibutuhkan oleh banyak masyarakat untuk dijadikan sebagai obat berbagai jenis penyakit sehingga tentu akan menghasilkan keuntungan yang besar. Usaha ternak semut jepang bisa dilakukan di atas lahan yang sempit menggunakan media toples dan kapas.

Apabila Anda tinggal di perkotaan dengan lahan yang sempit, maka Anda bisa mencoba beberapa jenis usaha ternak yang ada di atas.

Tinggalkan Balasan