Ide Usaha Agrobisnis Yang Cocok di Perkotaan

Sebagian besar masyarakat di Indonesia masih beranggapan bahwa usaha agrobisnis hanya bisa dilakukan pada lahan yang luas, padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Meskipun sebagian besar usaha agrobisnis membutuhkan lahan yang luas, namun ada juga usaha agrobisnis yang bisa dilakukan pada lahan yang sempit. Hal ini tentu saja merupakan suatu kabar yang menggembirakan bagi Anda yang ingin memulai usaha di bidang agrobisnis tetapi tidak memiliki lahan yang luas.

Sekarang ini usaha di bidang agrobisnis memang tidak lagi dimonopoli oleh masyarakat di pedesaan, pasalnya ada beberapa usaha agrobisnis yang bisa dilakukan di lahan yang sempit sehingga membuka kesempatan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan untuk merasakan manisnya keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha di bidang ini. Usaha di bidang agrobisnis memang memiliki prospek yang menjanjikan karena akan bisa menghasilkan keuntungan besar. 

Baca juga: Ini Beberapa Jenis Tanaman yang Cocok Dijadikan Usaha

Jika Anda tertarik, berikut ini akan kami ulas beberapa ide usaha agrobisnis yang cocok di perkotaan.

Ide Usaha Agrobisnis Yang Cocok di Perkotaan

  1. Hidroponik

Gambar tanaman hidroponik

Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas, namun ingin menjalankan usaha agrobisnis, maka Anda bisa mencoba melakukan hidroponik. Perlu Anda ketahui bahwa hidroponik sendiri adalah suatu metode yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan budidaya berbagai jenis tanaman di atas lahan yang sempit dan hanya membutuhkan sedikit air sehingga sangat sesuai untuk daerah perkotaan.

  1. Tabulampot

Gambar tabulampot

Sebagian besar masyarakat mungkin masih terasa asing dengan istilah tabulampot, istilah ini merupakan akronim dari tanaman buah dalam pot. Tabulampot sendiri bisa menjadi sebuah peluang usaha di bidang agrobisnis yang sangat sesuai bagi masyarakat di daerah perkotaan yang memiliki lahan sempit. Terlebih lagi tabulampot tidak membutuhkan perawatan rumit sehingga bisa dijadikan usaha sampingan.

  1. Tanaman Hidrogel

Gambar tanaman hidrogel

Ide usaha di bidang agrobisnis yang juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan adalah tanaman hidrogel, usaha yang satu ini juga tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga sangat sesuai dilakukan di perkotaan. 

Baca juga: Beberapa Usaha Ternak di Lahan Sempit yang Menguntungkan

Perlu Anda ketahui bahwa hidrogel merupakan suatu media tanam yang bisa Anda gunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman hias yang bisa Anda jual.

  1. Menanam Kaktus

Contoh gambar tanaman kaktus.

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kaktus, tanaman unik dengan daun yang berbentuk duri ini memang sangat populer dijadikan sebagai tanaman hias dan tanaman souvenir. Kaktus sendiri tergolong sebagai tanaman xerofit karena habitat aslinya berada di gurun pasir, Anda bisa melakukan budidaya kaktus di lahan sempit untuk dijual sebagai tanaman souvenir.

  1. Terarium

Contoh gambar tanaman secara terarium.

Terarium mungkin belum terlalu dikenal oleh masyarakat di Indonesia, padahal terarium bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha agrobisnis di lahan sempit. Anda bisa membuat sebuah miniatur taman buatan yang ada di dalam ruang kaca sehingga memiliki tampilan yang sangat indah dan bisa Anda jual dengan harga tinggi, Anda bisa menggunakan tumbuhan paku untuk terarium.

Apabila Anda memiliki lahan yang sempit, Anda masih bisa mencoba beberapa peluang usaha agrobisnis yang telah diulas di atas.

Tinggalkan Balasan