7 Ide Bisnis Rumahan Terbaru dengan Modal Kecil 2017

Hampir setiap orang pasti ingin punya pekerjaan, entah itu menjadi seorang wirausahawan maupun menjadi karyawan sebuah perusahaan. Tapi tak sedikit dari mereka ingin punya kerja sampingan yang menjanjikan, karena kita tidak akan pernah tahu nasib ke depannya perusahaan atau pekerjaan yang sedang kita jalani saat ini.

Karena faktor itulah, banyak dari mereka yang mencoba untuk memulai usaha sendiri. Jika anda termasuk salah satu dari mereka yang ingin punya usaha sampingan tapi dengan modal yang pas-pasan, bahkan tanpa modal, tidak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis rumahan di bawah ini, mana tahu ada yang sesuai dengan bakat anda.

Kali ini KonsultasiBisnis.com akan paparkan 7 ide bisnis rumahan terbaru di tahun 2017 dengan modal kecil:

  1. Toko Online

toko online

Istilah toko online sudah tidak asing lagi di telinga, karena anda pasti pernah melakukan transaksi yang satu ini. Selain mudah dan tidak menyita banyak waktu, anda tinggal duduk manis di sofa tanpa perlu mondar-mandir ke toko untuk belanja semua kebutuhan. Karena hampir semua kebutuhan bisa anda dapatkan secara online. Dan saat ini mulai banyak orang yang mencari penghasilan secara online di antaranya adalah dengan berbisnis baju online.

Untuk memulai usaha toko online, anda tidak perlu modal besar, karena anda bisa menggunakan sistem dropship atau menjualkan barang milik orang lain, tanpa harus repot mempunyai barang yang akan anda jual. Dan juga anda bisa menggunakan CMS blogspot dengan hosting gratisan. Lalu beli template toko online yang sesuai dengan keinginan. Mudah bukan?

 

  1. Usaha rumahan bisnis kuliner

bisnis kulinerBukan hanya ibu rumah tangga saja yang bisa melakukannya, tapi para bapak dan yang belum berkeluarga pun bisa, baik laki-laki maupun perempuan. Karena semua orang bisa memasak asal mau belajar.

Jika anda keberatan dalam hal modal kalau menjual makanan berat, maka anda bisa menjual makanan ringan seperti kue, roti dan jajanan basah, atau pun aneka macam camilan, seperti keripik singkong, keripik pisang, rempeyek, dan camilan lainnya.

Anda tidak perlu khawatir soal tempat, karena tidak perlu membuat sebuah warung khusus jika ingin berjualan. Cukup menggunakan meja dan kursi yang diletakkan di depan rumah seperti angkringan pada umumnya. Dan kalau anda malas atau tidak punya banyak waktu untuk berjualan, anda bisa menitipkan jualan ke warung-warung, toko, dan kantin sekolah.

Dan jika anda mempunyai modal yang lumayan, anda bisa membuka usaha katering. Usaha katering memiliki prospek yang sangat bagus dengan risiko yang tergolong kecil. Karena usaha ini memakai sistem pemesanan, jadi tidak akan ada makanan yang tersisa karena tidak laku terjual.

 

  1. Bisnis rumahan minuman jus

bisnis jus buahSebenarnya usaha yang satu ini juga bisa digabung pada point nomor dua, yaitu usaha rumahan bisnis kuliner, tapi pada kenyataannya banyak sekali penjual minuman jus di depan rumah. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang notabenenya harus ngurus keluarga dan anak-anak, pasti akan lebih cocok.

Selain dari segi minuman jus yang menyehatkan, penjualnya pun tidak membutuhkan banyak tenaga untuk menjalankan bisnis yang satu ini, dan juga peralatan yang diperlukan tidak berat, gampang dicari dan murah. Anda hanya perlu menyiapkan blender, pisau dan gelas plastik. Sangat mudah dan gampang kan? Semua orang pasti bisa melakukannya.

Biasanya bukan hanya jus buah-buahan saja yang dijual, tapi juga minuman dingin lainnya seperti pop ice dan cincau. Bahan jus yang dibuat pun bisa minuman jus instan rasa aneka buah, jika anda khawatir buah segar akan cepat busuk. Jadi cukup menyediakan buah-buahan segar dalam jumlah yang sedikit.

 

  1. Usaha rumahan counter pulsa

bisnis pulsaUntuk membuka usaha rumahan counter pulsa, anda hanya butuh modal kecil. Biasanya anda akan dibebani pendaftaran Rp. 50.000,- saat menjadi seorang penjual pulsa dan otomatis anda akan mendapatkan saldo Rp. 50.000 di HP anda. Anda juga akan mendapatkan nomor PIN guna menjadi kode rahasia untuk transaksi.

Keuntungan setiap transaksi bervariasi, tergantung dealer atau agen pulsa yang anda ajak kerja sama. Tapi kebanyakan mereka memberi keuntungan berkisar antara Rp. 450-Rp. 900/transaksi. Jika dalam sehari anda mampu melakukan 40 transaksi dengan rata-rata keuntungan pulsa Rp. 600/transaksi, maka dalam satu bulan anda akan mendapatkan tambahan penghasilan sebesar Rp. 720.000,-

Bukan hanya dari keuntungan jualan pulsa saja yang akan anda dapatkan, tapi anda bisa sambil berjualan aneka macam snack atau pun minuman instan sembari mengisi waktu luang. Cukup mudah dan hasilnya sangat menggiurkan bukan?

 

  1. Usaha kerajinan tangan (handicraft)

bisnis handicraftBagi yang suka dengan seni dan kreativitas, tidak ada salahnya mencoba peluang usaha yang satu ini. Karena disamping bisa menjadi hobi, juga bisa mengembangkan bakat serta prospek ke depannya sangat menjanjikan. Gimana tidak, selain barang jualan yang diminati banyak orang, juga barangnya awet, jadi tidak perlu khawatir barang cepat rusak jika tidak laku.

Usaha kerajinan tangan tidak harus berbahan baku baru tapi juga bisa memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai. Daripada barang bekas memenuhi rumah atau anda buang begitu saja, alangkah bijaknya jika anda mengolah kembali barang bekas menjadi barang yang berguna dan bernilai jual.

Anda masih ingat dengan istilah recycle atau daur ulang? Nah, bagi anda yang tertarik dengan usaha yang menguntungkan ini, terutama yang ingin bergelut di dunia recycle barang bekas, tidak ada salahnya anda mengunjungi situs  ZonaKreatif.com. Di situ dijelaskan berbagai jenis kerajinan tangan yang lengkap dengan tutorial beserta gambar. Silahkan berkunjung dan selamat mencoba!

 

  1. Reseller Barang

bisnis reseller dropshipperTidak perlu modal besar, bahkan tanpa modal sama sekali untuk menjadi seorang pedagang, karena tidak selamanya barang dagangan harus milik pribadi, atau anda harus membeli barang dulu baru dijual kembali. Contohnya saja usaha yang satu ini yaitu reseller barang.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa reseller untuk produknya, mulai dari produk peralatan rumah tangga, baju, dan kosmetik, bahkan obat herbal pun tak mau ketinggalan. Baik reseller yang memakai metode mambership maupun reseller yang biasa.

Jika anda termasuk orang yang pandai bicara, atau yang suka melakukan pertemanan dan juga punya banyak teman, sangat cocok untuk menjadikan usaha ini sebagai bisnis sampingan, karena disamping bakat yang sudah anda miliki, hasil yang akan anda dapatkan pun lumayan.

 

  1. Budidaya ikan gurami dalam kolam terpal

budidaya guramiUntuk anda yang punya hobi memancing, atau tertarik untuk budidaya ikan, ada baiknya mencoba membudidaya ikan gurami dalam kolam terpal. Anda tidak memerlukan tanah yang luas serta modal yang besar untuk membuat kolam tanah. Karena bisa disiasati dengan membuat kolam terpal sendiri. Anda hanya butuh membeli terpal dengan harga berkisar 60 – 80 ribuan.

Berdasarkan pengalaman yang sudah mencobanya, jika modal awal kita asumsikan Rp. 400.000,- untuk pembelian bibit ikan dan biaya lainnya, maka keuntungan yang didapat bisa mencapai 200 – 400 ribuan per kolam. Agar keuntungan bertambah banyak, anda hanya perlu menambah kolam terpal anda. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Demikian beberapa ide bisnis rumahan yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk menambah penghasilan yang sangat cocok bagi pemula dan juga bisa dilakukan oleh semua kalangan, termasuk ibu rumah tangga, dikarenakan sangat mudah untuk dilakukan, tidak membutuhkan modal besar, tidak terlalu menyita waktu, dan tidak menguras banyak tenaga.

Dan perlu anda ingat bahwa letak kesuksesan tidak selalu diawali dengan modal besar, tetapi bagaimana anda mengatur modal tersebut agar lebih efisien dalam membangun bisnis anda dan ketelatenan dalam menjalankannya. Karena pada kenyataannya banyak sekali usaha dengan modal besar yang mengalami kegagalan. Jadi anda tidak perlu minder. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

2 Comments

Tinggalkan Balasan