5 Contoh Ide Bisnis Gila yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Ide bisnis menjadi hal utama bagi anda yang akan membuka usaha. Karena memulai usaha baru dengan ide bisnis yang biasa atau sudah umum akan terkesan tidak menarik dan hanya menjiplak bahkan ikut-ikutan saja. Tapi jika ide bisnis yang anda ciptakan baru dan unik, bahkan bisa dibilang gila, karena belum ada sebelumnya, maka orang pun akan tertarik untuk mencoba.

Apalagi jika bisnis yang anda mulai diformat dengan rapi dan manajemen yang baik, tidak menutup kemungkinan, usaha baru anda bakal menjanjikan keuntungan besar dan lebih sukses dari yang sudah ada sebelumnya.

Kenapa ide bisnis yang anda mulai harus baru dan berbeda? Karena selain terkesan unik dan menarik perhatian masyarakat, juga persaingan di dunia bisnis semakin kuat dan padat. Jika anda tidak kreatif dan inovatif dalam berbisnis, maka usia bisnis yang anda mulai akan bertahan hanya dalam hitungan bulan.

Ide bisnis yang gila bukan berarti harus wah dan rumit, tetapi ide bisnis yang sederhana sekalipun akan terlihat wah jika anda pandai dalam mengemasnya. Terlebih jika ide usaha yang anda ciptakan memang belum pernah ada sebelumnya.

Sebagai contoh, salah satu usaha kuliner seperti bakso misalnya. Di Indonesia dari ujung sabang sampai merauke pasti sudah tahu yang namanya bisnis kuliner satu ini. Tapi jika anda menciptakan nama baru, seperti: bakso mercon, bakso bom, bakso kaget, bakso cinta, dan aneka jenis bakso baru lainnya, maka masyarakat pun akan penasaran dan pasti tertarik untuk mencicipi kuliner yang anda jual.

Selain mengembangkan jenis usaha yang sudah ada sejak lama tapi dikemas dengan nama dan menu baru, kira-kira ide bisnis baru apa yang bakal bisa sukses dan tetap bertahanĀ  untuk bersaing di pasaran?

Berikut 5 contoh ide bisnis gila yang menjanjikan keuntungan besar dan mampu bertahan di pasaran:

 

  1. Bisnis kacamata anjing peliharaan.

Sekilas, ide bisnis baru ini terkesan sepele dan tidak terlalu penting untuk dicoba. Padahal, kalau anda ingin menelaah lebih jauh, banyak sekali masyarakat Menengah ke atas terutama yang memelihara anjing, berani membayar mahal dengan membeli kacamata untuk anjing kesayangan mereka.

Karena bagaimana pun juga, meskipun anjing merupakan salah satu hewan yang tidak disukai bagi sebagian kalangan, tapi bagi sebagian kalangan lainnya rela melakukan apa saja demi anjing kesayangannya. Bahkan ada yang memperlakukan anjing layaknya seperti memperlakukan manusia pada umumnya.

Kondisi di atas sebenarnya mampu menciptakan peluang usaha baru dan terbilang masih terbuka lebar. Karena di indonesia sendiri bisnis kacamata anjing peliharaan masih dibilang jarang dan suilit ditemukan.

Ide bisnis gila dan unik ini diadopsi dari kisah Roni Di Lullo. Pada saat dia dan anjing kesayangannya berniat untuk jalan-jalan keluar rumah, anjing tersebut menyipitkan matanya ketika terkena pancaran sinar matahari.

Berawal dari pengalaman pribadi itulah, akhirnya Roni membuatkan kacamata untuk anjing peliharaannya. Karena hasilnya memuaskan dan sangat membantu bagi anjingnya, roni membaca kesempatan ini sebagai ide bisnis gila yang belum pernah ada sebelumnya.

Sejak saat itulah, dia memproduksi kacamata untuk anjing peliharaan dalam jumlah atau partai besar dan menjualnya ke pasaran. Tidak pernah disangka sebelumnya, ternyata kacamata untuk anjing yang dia jual laku keras dan banyak diminati oleh masyarakat.

 

  1. Berjualan semangka kotak.

Selama ini, kita hanya tahu buah semangka dengan bentuk bulat maupun lonjong, baik semangka merah maupun kuning. Meskipun begitu, tetap saja buah yang satu ini laris karena harganya yang terbilang masih terjangkau dan manfaatnya luar biasa. Cocok untuk musim di negara kita.

Tapi persaingan di bisnis buah pastinya sudah ketat. Paling-paling cuma berani nurunin harga sedikit lebih murah saja agar pembeli mampir ke toko buah anda. Kenapa tidak berinovasi untuk menjual buah semangka dengan bentuk yang berbeda, unik, dan pastinya sangat langka, seperti jualan semangka bentuk kotak.

Wah, cara menanamnya bagaimana ya? Simak dulu kisah munculnya semangka kotak berikut ini:

Bermula dari kisah para petani jepang yang sering mendapatkan keluhan dari pembeli yang katanya susah menyimpan semangka dengan bentuk yang bulat. Akhirnya petani jepang pun berinovasi untuk menanam semangka dan ditempatkan di sebuah kaca bentuk kotak. Tidak disangka ide bisnis gila ini berhasil, dan mulai ngetrend pada tahun 2001 dengan angka penjualan yang naik secara signifikan dibandingkan dengan semangka pada umumnya. Penemuan ini pun ditiru oleh produsen asal Panama dan mereka mengekspor ke amerika dan dijual dengan harga $75 per buah.

Cukup mahal kan untuk ukuran harga buah? Anda pun bisa mencoba ide bisnis gila ini dan dijual di negeri sendiri. Pastinya masyarakat pun akan terkesima dan tertarik dengan bentuknya yang lucu dan unik.

Tapi, anda perlu melakukan percobaan berkali-kali hingga berhasil untuk menamam semangka kotak seperti mereka. Dan jika sudah tahu ilmunya, anda bisa mencoba menanam buah lainnya, seperti: blewah, melon, dan sejenisnya.

Jika usaha anda berhasil, anda pun masih bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan menjadi supplier buah semangka kotak ke beberapa toko buah, tanpa harus menjualnya sendiri. Dijamin mereka dengan senang hati menerima pasokan buah dari anda. Karena bentuknya yang unik dan langka.

 

  1. Jualan pupuk kotoran kelelawar.

Banyak sekali orang yang tidak suka dengan hewan yang satu ini. Kenapa? Karena selain terkesan jorok dan angker, kelelawar juga terkadang menggigit. Jadinya banyak sekali orang yang buru-buru mengambil sapu intuk mengusir kelelawar yang masuk ke rumah.

Padahal, kotoran kelelawar tenyata bisa dijadikan sebagai pupuk organik lho. Hal ini dikarenakan kotoran kelelawar mengandung beberapa senyawa organik yang baik untuk pertumbuhan tanaman, seperti: fosfor, nitrogen, dan potasium yang dapat merangsang perbungaan, akar, dan mampu memperkuat batang tanaman, serta mendukung pertumbuhan tanaman.

Selama ini, yang kita tahu bahwa pupuk organic hanya berasal dari kotoran sapi, ayam, dan kambing saja, padahal masih banyak kotoran hewan lainnya yang bisa dijadikan pupuk organik.

Selain anda mendapatkan penghasilan dengan cara memanfaatkan kotoran kelelawar untuk dijadikan pupuk organik dan menjualnya, terobosan baru yang termasuk ide bisnis gila ini pun bisa dijadikan alternatif untuk menggantikan pupuk kimia, seperti: NPK, urea, dan lain sebagainya.

 

  1. Bisnis es krim dari kulit pisang.

Pada artikel sebelumnya, kami sudah pernah membahas secara detail cara membuka usaha es krim dengan hitungan modal dan kentungannya. Bagi anda yang belum tahu, silahkan baca artikel kami yang berjudul Cara Membuat dan Memulai Bisnis Es Krim untuk Pemula.

Pada artikel tersebut, kami sudah menjelaskan perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jualan es krim. Tapi kali ini, bahan yang digunakan terbilang murah, bahkan dianggap sebagai sampah. Karena bahan es krim kali ini berasal dari kulit pisang. Selain itu, anda bisa mengolah daging pisang untuk dijadikan aneka makanan yang bisa anda jual, mulai dari hal yang simpel dan gampang, seperti gorengan hingga makanan yang berbahan baku pisang lainnya. Cukup kreatif dan ekonomis bukan?

Ide bisnis gila yang satu ini merupakan hasil karya sekelompok mahasiswa lulusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya di Malang, yang bernama: Ratna Dumilah, Sayyidah Anggun, Eygina Yesphine, dan Ichwal Januraga.

Meskipun pada awalnya es krim dari kulit pisang hanya sebagai karya untuk tugas kuliah saja, tapi mereka menjadikan penemuan ini sebagai salah satu ide bisnis baru yang dijual di pasaran dengan harga sekitar 3 ribu per cup-nya. Dan pastinya peluang usaha ini masih terbuka lebar. Tertarik untuk mengikuti jejak mereka?

 

  1. Bisnis teh termahal dari kotoran panda

Pastinya anda bingung dan tidak percaya kan, mana mungkin kotoran panda bisa dijadikan teh, ditambah teh termahal di dunia lagi? Eits… Baca dulu artikelnya sampai selesai, baru anda nanti berkomentar.

Memang, ide bisnis gila yang terakhir ini bisa dibilang jadi ide bisnis tergila di antara poin-poin sebelumnya. Meskipun begitu, omset yang dihasilkan dari bisnis ini paling tinggi diantara lainnya. Gimana tidak, hanya untuk segelas teh panda ini, orang mau membayar sekiyar $210 atau setara dengan Rp 1,9 juta, gila bukan?

Seperti halnya kopi luwak yang terkenal dan dianggap menjadi kopi termahal di dunia, proses pembuatan teh panda ini juga memiliki tahapan dalam pembuatannya. Jika kopi luwak dapat dihasilkan dengan cara luwak (hewan seperti musang) memilih dan memakan biji kopi dari pohonnya. Setelah itu kopi dikeluarkan bersamaan dengan kotorannya, kemudian diproses menjadi kopi luwak yang anda kenal sekarang.

Sedangkan teh panda ini memiliki dua tahap pemprosesan yang lebih lama, yaitu:

Pertama: Panda diberi makan bambu beserta daunnya. Dan ditunggu hingga panda mengeluarkan kotoran.

Kedua: Kotoran tersebut dijadikan pupuk terlebih dahulu, yang mana pupuk tersebut digunakan untuk memupuk tanaman teh. Hasil teh dari pemupukan kotoran panda inilah (bukan kotoran panda yang dijadikan teh secara langsung) yang akan menjadi teh termahal di dunia.

Karena proses pembuatah teh yang membutuhkan waktu lebih lama itulah, wajar saja, jika segelas teh panda di kota Ya’an, Provinsi Sichuan, China laku terjual dengan harga $210. Selain itu juga, panda merupakan salah satu hewan langka yang dilindungi. Jadi tidak semua orang bisa membuat teh panda ini.

Demikianlah 5 contoh ide bisnis gila yang menjanjikan keuntungan besar. Jika anda tertarik untuk mencoba peluang bisnis di atas, mulailah dari sekarang, lebih cepat lebih baik. Siapa tahu salah satu ide bisnis usaha di atas sesuai dengan bakat dan kreativitas anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan