32 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Online yang Menjanjikan dan dapat Anda Coba dari Sekarang

Cukup banyak orang yang dulunya saat masih remaja maupun saat sudah menginjak awal dewasa bercita-cita untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Berpikir idealis, bahwa sekolah atau kuliahnya hanyalah untuk mendapatkan pendidikan yang layak, membuka pikiran terhadap berbagai macam ilmu pengetahuan. Namun akhirnya, saat sudah benar-benar dewasa atau saat sudah mulai berumahtangga ‘terpaksa’ berpikir realistis. Harus mau untuk jadi sekedar karyawan, menjadi orang gajian bagi orang lain.

Kejadian seperti ini banyak terjadi di masyarakat. Di antara sekian banyak orang yang ingin berbisnis, hanya beberapa persen saja yang benar-benar sanggup terjun ke dunia ini. Mungkin bisa dikatakan dari 100% orang yang bercita-cita jadi pengusaha, hanya 20% yang berhasil mewujudkannya.

32 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Online yang Menjanjikan dan dapat Anda Coba dari Sekarang

Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan kegagalan dalam memulai usaha. Di antaranya adalah:

  1. Tidak memiliki modal, atau kalau punya hanya sedikit sehingga tidak cukup untuk mewujudkan rencana usahanya. Ia berpikir bahwa untuk memulai suatu usaha harus berawal dari modal yang cukup besar, sehingga akhirnya terus-menerus menunggu dan tidak tercapailah apa yang dicitakan.
  2. Karena tidak mengetahui perihal ide bisnis yang lebih menguntungkan sebagai alternatif dari ide usaha yang telah dipersiapkan yang membutuhkan dana relatif besar. Ia berpikir untuk terus menjadi karyawan hingga tercukupi modal, dan akhirnya malah gagal untuk memulainya.
  3. Tidak berhasil menemukan peluang usaha yang dapat menghasilkan penghasilan lebih besar dari pekerjaannya saat ini ketika bekerja kepada orang lain.
  4. Sudah terlanjur memiliki pekerjaan tetap dan sudah berumahtangga sehingga gamang ketika akan mencoba mulai merealisasikan ide usaha yang telah dirancang. Khawatir akan biaya hidup sehari-hari keluarga ketika harus memutuskan menjadi seorang pengusaha. Alasan lainnya, kesibukan dalam bekerja untuk mencari penghidupan berakibat tidak ada lagi waktu tersisa untuk mulai menjalankan rencana bisnisnya.

Jika anda termasuk dari golongan orang yang telah kami sebutkan di atas, dalam artikel tips bisnis kali ini akan kami sajikan beberapa jenis usaha yang semoga bisa anda jadikan referensi dalam memilih peluang usaha agar bisa segera merealisasikan cita-cita anda untuk menjadi enterpreneur.

32 peluang bisnis online yang akan kami paparkan nanti di antaranya terdapat jenis usaha sampingan yang bisa anda kerjakan dengan tanpa mengorbankan pekerjaan utama anda, sehingga anda tetap bisa menjaga keuangan sehari-hari anda dengan stabil.

Selain itu, peluang usaha sampingan yang kami sajikan juga merupakan suatu bisnis yang dapat anda mulai dengan modal yang relatif kecil, sehingga anda tidak perlu terlalu kebingungan ketika ingin segera memulainya.

Meskipun hanya bisnis sampingan dengan modal kecil, akan tetapi berpotensi menjadi suatu bisnis yang besar dan menghasilkan banyak keuntungan jika anda sanggup menjalankannya dengan baik.

 

Ide Bisnis yang cocok untuk Anda

Secara garis besar, berbagai ide usaha yang akan kami informasikan dalam tulisan kali ini terbagi dalam dua macam. Yang pertama adalah peluang usaha yang berhubungan dengan aktivitas jual beli online. Sedangkan yang kedua adalah berhubungan dengan aktivitas tulis-menulis. Anda bisa pilih dari dua kriteria tersebut, mana yang paling cocok dengan bidang keahlian dan keleluasaan waktu anda.

 

Dan berikut ide bisnis online yang bisa segera anda laksanakan:

 

  1. Berjualan online di website milik sendiri.

Kalau anda memiliki kemampuan dalam membuat website sendiri, anda bisa coba membangun suatu website untuk digunakan sebagai toko online. Namun jika anda tidak bisa membuatnya, anda bisa menyewa jasa pembuat website yang saat ini harganya sudah sangat terjangkau. Hanya dengan Rp.500.000 anda sudah bisa memiliki website toko online mandiri.

Dengan membangun suatu website sebagai toko online, anda akan lebih mudah dalam mengembangkan brand toko anda, dan secara pelan, seiring waktu brand toko anda akan semakin dikenal masyarakat online.

Awalnya memang harus bersabar dengan penghasilan sedikit, tapi seiring waktu, jika di-manage dengan baik, toko online anda akan semakin berkembang dan menghasilkan banyak keuntungan. Sudah banyak orang yang meraup banyak uang dari usaha online ini.

Salah satu keunggulan berjualan di toko online adalah anda tidak harus selalu berdiam si suatu tempat, anda bisa mengerjakan semua prosesnya dari mana pun. Selama anda memiliki akses internet, maka usaha anda akan tetap bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, jenis bisnis ini sangat cocok bagi anda yang memiliki kesibukan lainnya.

Tapi seringkali, orang yang tidak memiliki kemampuan dalam hal membuat website sudah takut atau malas duluan untuk memulainya, padahal untuk menyewa pembuat website sangatlah murah. Anda tinggal menggunakan sesuai tutorial yang diberikan pembuat website, dan bisnis anda bisa segera berjalan.

Jika anda ingin memiliki website sendiri dan tidak mampu untuk membuatnya, silahkan cari di pencarian Google dengan kata kunci “jasa pembuatan website”, akan anda temukan banyak sekali penyedia jasa. Jika anda mau, kami juga memiliki mitra yang dapat membuatkan website toko online untuk anda. Silahkan hubungi kami, untuk memesan pembuatan toko online yang bisa dibuat dalam waktu singkat.

Jika anda ingin memiliki toko online praktis, dan tidak mau ribet dalam proses pembuatannya, anda bisa memanfaatkan platform yang dimiliki Shopify, WebPraktis, Jarvis Store, dan situs-situs lainnya yang menyediakan platform jualan. Yang mana masing-masing memiliki nilai pembiayaan tersendiri yang bisa anda sesuaikan dengan kemampuan kantong anda.

Apabila anda kebingungan dengan pola kerja platform-platform tersebut, silahkan tanya kepada customer services dari masing-masing penyedia platform, anda akan mendapatkan keterangan yang lengkap tentang cara kerja platform tersebut.

Dan berikut adalah perkiraan biaya yang dibebankan kepada anda, jika menggunakan platform-platform jualan tersebut:

  • Shopify: Paling murah $14 per bulan.
  • WebPraktis: Paling murah Rp 680.000 per tahun.
  • Jarvis Store: Biaya gratis untuk 20 produk pertama.

Jika anda tidak mau ribet dengan bahasa pada pengaturan toko anda, gunakan Jarvis Store atau WebPraktis. Kedua penyedia platform ini dari Indonesia, jadi anda bisa dengan mudah menanyakan kepada customer services-nya ketika anda kebingungan dalam pengoperasian website anda.

Darimana Kita Mendapatkan Produk untuk Dijual di Toko Online Kita?

Ini mungkin yang seringkali jadi pertanyaan banyak orang ketika akan terjun di bisnis jual-beli online. Mereka kebingungan untuk mencari supplier barang yang ingin dijual. Terutama adalah karena tidak punya modal untuk menyetok barang sendiri.

Apabila anda mempunyai cukup modal, tentunya hal ini bukanlah suatu masalah, anda tinggal memilih jenis barang yang akan dijual dan kemudian berbelanja atau memproduksi barang tersebut kemudian menjualnya. Namun jika ternyata anda tidak memiliki cukup modal, tentunya harus mencari suatu terobosan, agar anda bisa segera mulai berjualan tanpa harus memiliki banyak modal.

Langkah yang bisa anda lakukan apabila anda tidak mempunyai cukup modal adalah menjadi reseller online atau menjadi dropshipper.

Cara menjadi reseller, cari toko-toko yang mempunyai produk seperti yang ingin dijual kemudian tawarkan kepada pemilik toko untuk kerjasama reseller. Yakni meminta izin untuk ikut menjualkan produknya. Jika diterima, kemudian minta katalog harga atau catat harga-harga dari produk yang dijual, dan kalau bisa minta harga khusus. Setelah itu, photo produk-produk itu sebaik mungkin.

Kemudian posting nama barang, harga barang yang sudah anda naikkan, deskripsi barang, dan photo barang di toko online anda. Lengkapi juga dengan keterangan tentang biaya kirim, baik secara manual maupun otomatis.

Dan ketika anda mendapatkan order dari pembeli, maka setelah pembeli mentransfer uang ke rekening anda sesuai dengan harga dan ongkir yang telah dibuat, anda tinggal datang ke toko pemilik produk dan membelinya sesuai kesepakatan, dan kemudian mengirimkannya kepada pembeli di toko online anda.

Adapun jika anda ingin memulai toko online anda dengan sistem dropship, anda tinggal mencari para penjual online yang menyediakan produk yang anda ingin jual. Kemudian tawarkan kerjasama dropship kepadanya. Yakni, anda menjualkan barangnya, tapi yang mengirimkan barang adalah pemilik barang aslinya, tapi mengatasnamakan toko anda.

Prosesnya, photo barang-barang tersebut atau minta katalog photo produk jika ada dan minta daftar harga. Kemudian posting nama barang, keterangan barang, dan harga barang (harga yang telah dinaikkan), juga biaya kirim. Dan ketika terdapat order dari pembeli, anda tinggal menghubungi pihak pemilik barang dan kemudian mentransfer uang sesuai harga barang di toko pemilik aslinya ditambah dengan ongkos kirim.

Setelah itu pihak pemilik barang akan mengirimkan barang dengan mengatasnamakan toko anda. Sehingga pembeli tahunya barang itu merupakan barang yang berasal dari toko anda. Yang harus anda perhatikan terkait ongkos kirim adalah sesuaikan alamat toko anda dengan alamat pemilik aslinya (satu Kabupaten), agar tidak ada perbedaan dalam perhitungan biaya kirimnya.

 

  1. Berjualan di Pasar Online atau Marketplace.

Apabila anda tidak mampu membuat website toko online dan tidak bersedia untuk menyewa jasa pembuatan toko online, anda bisa menggunakan alternatif lain, dimana terkadang justru malah lebih mudah dalam memasarkan produk anda. Yaitu melalui marketplace atau pasar online. Berjualan di tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Saat ini marketplace yang sedang booming di Indonesia adalah Bukalapak.com, Tokopedia.com, dan Kaskus.co.id. Silahkan manfaatkan pasar online tersebut untuk menjual produk anda. Anda dapat memiliki toko online sendiri secara gratis di tiga tempat tersebut.

Di marketplace tersebut, anda hanya perlu mendaftar dan kemudian mengupload gambar, nama produk, keterangan produk, dan harganya. Persiapkan juga satu rekening bank untuk menerima pembayaran ketika anda ingin mencairkan hasil transaksi penjualan anda.

Dengan media jualan online ini, anda tidak memerlukan waktu lama. Hanya butuh beberapa menit mendaftar, anda bisa langsung melakukan aktivitas jual-beli. Ini sangat tepat jika anda tidak mau ribet dengan berbagai hal tentang pembuatan website toko online dan lain-lain.

Ketika berjualan di pasar tersebut, perhatikan peraturan pasar yang telah dibuat oleh pengelola. Hal ini untuk menghindari account anda kena banned yang disebabkan kesalahan secara tidak disengaja atau karena ketidaktahuan. Ini penting karena account yang sudah banyak kesuksesan dalam melakukan transaksi, nilainya akan semakin meningkat, sehingga account/kios online tersebut makin dipercaya oleh pembeli. Disebabkan setiap kesuksesan dalam transaksi, biasanya akan mendapatkan nilai atau reputasi positif, begitu juga ketika gagal dalam suatu transaksi maka akan mendapatkan nilai negatif.

Salah satu keuntungan berjualan di marketplace adalah, biasanya sudah banyak pembeli yang mencari berbagai macam barang, sehingga makin memudahkan anda untuk menjual barang anda. Anda tidak terlalu sulit untuk memasarkan produk anda, terutama ketika barang/produk anda terbilang unik (jarang yang menjualnya), maka potensi toko anda mendapatkan pembeli akan semakin besar.

Dalam menggunakan toko online di pasar online, jika produk anda mempunyai pesaing yang lumayan banyak, anda bisa manfaatkan fitur-fitur promosi yang biasanya disediakan oleh pengelola pasar. Tentunya dengan biaya tertentu. Perhitungkan antara potensi keuntungan dan biaya promo yang dikeluarkan, agar promosi anda tidak sia-sia.

Keuntungan lain dalam menggunakan marketplace sebagai media berjualan adalah, anda tidak perlu memiliki banyak nomor rekening, karena yang akan jadi penampung uang anda adalah rekening milik pasar online tersebut. Hal ini disamping untuk mempermudah penjual dan pembeli dalam bertransaksi menggunakan bermacam metode belanja dan macam-macam nomor rekening, juga untuk keamanan pembeli. Karena uang itu dimasukkan ke rekening pihak ketiga yaitu rekening milik pasar, dan ketika barang sudah sampai di tangan pembeli, uang baru akan disaldokan ke akun penjual. Sehingga kemungkinan terjadinya tipu-menipu bisa lebih diminimalisir.

Di samping keunggulan, tentunya ada juga kelemahan ketika kita berjualan dengan menggunakan toko di pasar online. Kelemahan yang paling utama adalah kesulitan dalam membangun brand bagi anda. Karena kecenderungan orang berbelanja di marketplace akan lebih mengingat nama marketplacenya, sedangkan nama tokonya tidak begitu diingat. Akibatnya, anda akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan setia. Hanya bisa mengandalkan testimoni transaksi terdahulu, reputasi toko yang secara otomatis diberikan oleh marketplace tersebut, juga promosi yang anda buat untuk dapat bersaing dalam pencarian produk di pasar tersebut.

Kelemahan lainnya adalah anda tidak bebas membuat peraturan bagi toko anda. Peraturan yang anda buat harus sesuai dengan peraturan yang telah dan akan dibuat pengelola pasar. Di samping itu, anda tidak benar-benar sepenuhnya ‘memiliki’ toko anda, karena sewaktu-waktu, entah karena suatu permasalahan yang disebabkan kekhilafan anda maupun karena suatu kesalahpahaman, bisa saja anda diusir alias dibanned dari suatu pasar online. Dimana memang hak mereka untuk melakukan hal itu, karena bagaimanapun anda hanyalah ‘numpang’.

Sebagai jalan keluar permasalahan brand dimana anda kesulitan untuk membangun brand toko anda sendiri bisa diakali dengan menjadikan marketplace sebagai batu loncatan untuk mengembangkan toko online anda sendiri. Yakni memanfaatkan pasar online untuk mencari pembeli di awal berjalan. Dan ketika sudah mulai laris dan memiliki pelanggan, secara perlahan arahkan pelanggan anda untuk berbelanja ke toko anda sendiri. Dengan begitu, anda tetap bisa membangun brand toko anda meskipun berawal dari marketplace.

 

  1. Berjualan dengan Sistem Dropship.

Sebelum masuk ke pembahasan detail tentang dropship, lebih bijaknya jika kita ketahui gambaran singkat apa itu dropship. Yang dimaksud dengan dropshipping adalah kita menjual suatu barang dengan tanpa memiliki stok barang tersebut. Anda sebagai pengguna sistem ini disebut sebagai seorang dropshipper.

Pola kerjanya adalah, tatkala ketika anda menerima orderan pembelian dari pembeli, kemudian anda melakukan order pembelian kepada pemilik barang (supplier). Sedangkan yang mengirimkan barang tersebut kepada pembeli anda adalah pihak suppliernya. Selain toko online, baik milik sendiri maupun di marketplace, piranti yang anda butuhkan dalam menjalankan sistem ini adalah rekening bank, sebaiknya yang sudah didaftarkan internet banking/mobile banking/SMS bankingnya, agar anda lebih mudah dalam memproses transaksi tersebut.

Sistem ini sangat leluasa dipakai oleh anda yang benar-benar sangat ‘mepet’ modalnya. Karena anda tidak perlu menyimpan atau membeli stok barang, sehingga pengeluaran modal anda akan sangat minim. Di samping itu, anda bisa menjalankan bisnis dengan pola dropshipping ini dari mana saja, selama ada fasilitas untuk mengakses semua alat komunikasi dan transaksi yang dibutuhkan dalam menjalankan sistem ini maka anda bisa melakukan jual-beli di mana pun.

Hal penting dipahami dalam sistem dropship ini adalah kesepakatan antara anda dan supplier anda untuk mengirimkan barang ke pembeli dengan mengatasnamakan toko anda. Anda harus waspada, karena terkadang ada pula supplier yang nakal yang justru menggunakan nama toko mereka sendiri. Akibatnya pelanggan anda akan lari dan selanjutnya bila berbelanja akan langsung membeli di toko supplier anda, karena pastinya harganya lebih murah. Selain itu nama toko anda akan menjadi jelek, karena menunjukkan bahwa sebenarnya anda tidak memiliki barang jualan.

Hal lainnya yang harus lebih diwaspadai adalah pastikan bahwa supplier anda adalah seorang yang bisa dipercaya, bahwa barang yang dikirimkan ke pembeli benar-benar sesuai dengan yang diorder. Karena ketika penjual anda kecewa, maka yang akan kena masalah adalah anda. Andalah yang harus menanggung bermacam komplain dari pembeli anda. Pembeli cenderung tidak akan perduli bahwa anda adalah dropshipper dimana tidak memiliki keleluasaan yang besar terkait barang yang diorder. Mereka hanya berpikiran bahwa andalah penanggungjawab utama terhadap kekecewaan mereka.

Risiko lainnya ketika berjualan dengan menggunakan cara dropship adalah anda sulit untuk mengambil margin profit (jarak keuntungan) dalam jumlah besar. Karena ketika anda menjual dengan mengambil keuntungan terlalu besar, maka harga produk tersebut akan menjadi kurang rasional, dan orang akan meninggalkan toko anda.

Kelemahan lainnya adalah kesulitan dalam mengontrol stok barang di pihak supplier. Karena kendala yang sering terjadi bagi seorang dropshipper adalah stok sudah habis pada saat ada orang ingin order barang di toko kita. Di mana seringnya pihak supplier tidak mau terlalu repot untuk menginformasikan secara rutin perihal stok barangnya. Untuk mengatasinya, cari supplier yang mempunyai stok barang banyak, dan rutin mengupdate atau menginformasikan perubahan jumlah stok barangnya.

Akibat dari sulitnya memonitor stok barang, biasanya oara pelanggan yang kecewa akan pergi dan tidak membeli lagi di toko kita. Karena kecewa, mengira stok tersedia tapi setelah mereka tertarik ternyata stok telah habis. Seolah kita penjual yang malas dalam menginformasikan perubahan stok barang dagangan kita. Berakibat kita dianggap tidak profesional sebagai seorang penjual.

Berlepas dari keuntungan dan kerugiaannya, berjualan dengan sistem dropship perlu anda pertimbangkan jika anda ingin segera memulai usaha tapi terkendala oleh modal yang terbatas.

Jika anda berminat menggunakan cara ini, tapi kesulitan untuk mencari supplier secara offline, anda bisa mencarinya secara online di pencarian Google dengan kata kunci “dropship (nama produk)” atau kata kunci “supplier (nama produk)”.

Sekali lagi, anda harus selalu ingat, bahwa jika anda menggunakan siatem ini maka tanggung jawab keselamatan produk sampai di pembeli tetap ada di pihak ada. Oleh karena itu, anda harus benar-benar bisa memastikan bahwa supplier anda bisa benar-benar dipercaya.

 

  1. Membuat Blog untuk Menjadi Publisher Iklan.

Waktu anda browsing / mencari informasi di internet, tentunya sering masuk website-website dimana di dalamnya selain ada informasi yang anda butuhkan juga terdapat beberapa tayangan iklan.

Itulah sebabnya kenapa banyak orang mau menyediakan informasi gratis tanpa anda perlu membayarnya. Karena sesungguhnya pengelola-pengelola website tersebut juga bisa mendapatkan penghasilan semi-pasif dari iklan yang dipasang.

Jika anda mau, anda pun bisa mencobanya, menjadi seorang publisher iklan. Terutama jika anda mempunyai hobi dan minat dalam bidang tulis menulis, sehingga pekerjaan ini akan menjadi suatu pekerjaan yang tidak membebani pikiran anda.

Orang-orang yang berkecimpung di bidang ini secara global sering disebut sebagai seorang internet marketer (IM), sedangkan secara khusus disebut sebagai seorang Blogger. Aktivitasnya disebut Blogging.

Pola kerjanya, pertama tentu saja membuat website, baik website berbayar maupun gratisan, setelah itu isi dengan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca sebanyak-banyaknya. Kemudian mendaftar kerjasama periklanan dengan pihak-pihak yang menyediakan hal tersebut seperti Google, Yahoo, dlsb. Kemudian pasang kode iklan di website, dan ketika ada pengunjung website yang melakukan klik pada iklan yang kita pasang, kita akan mendapatkan komisi dari klik iklan tersebut.

Secara sederhana terlihat mudah, tapi prosesnya membutuhkan waktu dan kesabaran. Oleh karena itu, usaha online ini cocok bagi anda yang mempunyai kesukaan dalam tulis-menulis supaya tidak mudah jenuh.

Karena di awal-awal ngeblog, anda tidak akan mendapatkan penghasilan, anda akan disibukkan untuk menulis. Usahakan selama 6 bulan, setiap harinya anda rutin menulis dan posting di blog sebanyak 3 artikel. Dengan masing-masing artikel paling sedikit 400 kata. Tatkala sudah memasuki sekitar 3 bulan, daftarkan website atau blog anda di agen periklanan seperti Google Adsense. Entah langsung diterima atau tidak dalam pendaftaran anda, teruslah lanjut menulis, karena semakin banyak dan semakin berkualitas tulisan anda, potensi blog anda diterima sebagai publisher adsense akan semakin besar. Jika gagal dalam pendaftaran pertama, ulangi terus, sembari lanjut mengupdate website anda.

Dan ketika website anda sudah diterima, janganlah bermalas-malas, lanjut tulis artikel berkualitas. Targetnya adalah artikel-artikel anda bisa masuk di halaman pertama dan barisan atas ketika dicari dalam mesin pencari dengan kata kunci (keyword) sesuai artikel yang anda tulis.  Untuk hal terkait keyword ini bisa anda pelajari tutorialnya yang sudah banyak dibagikan di internet.

Kenapa content atau artikel berkualitas sangat diperlukan. Karena bagi website yang baru, biasanya akan dilihat dari kualitas tulisannya apakah website tersebut pantas masuk dalam jaringan publisher. Sedangkan dalam jangka panjangnya, tulisan berkualitas biasanya akan lebih besar kemungkinannya untuk dapat tampil di halaman pertama dan barisan atas dalam mesin pencari. Mesin-mesin pencari tersebut mempunyai bot yang mampu membaca hal tersebut, dimana biasanya selain dilihat dari banyaknya artikel, panjangnya tulisan, juga lamanya pembaca berada di halaman tersebut, dan juga berapa banyak setiap artikel yang dibaca oleh pengunjung ketika mengunjungi blog anda.

Jika anda berhasil mengembangkan blog anda, dan bisa menghasilkan uang dari blog yang anda miliki, anda sudah mulai bisa sedikit rehat, yakni tidak perlu ‘ngoyo’ untuk setiap hari menulis 3 buah artikel. Anda bisa menulis hanya 1 artikel tapi tetap harus berkualitas. Jika penghasilan anda sudah mencukupi untuk menyewa penulis, anda bisa juga menyewa penulis atau membeli artikel untuk blog anda, agar anda bisa konsentrasi untuk coba membangun blog maupun bisnis yang lainnya.

 

  1. Menjual Produk informasi secara Online.

32 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Online yang Menjanjikan dan dapat Anda Coba dari Sekarang

Garis besarnya, yang dimaksud menjual produk informasi adalah membuat dan menjual suatu produk yang didalamnya terdapat suatu informasi tertentu yang dibutuhkan bagi orang yang berkecimpung dalam bidang tersebut. Produk informasi ini bisa berupa buku cetak, buku digital alias ebook, audio, serta video.

Sebagai contoh adalah menjual buku maupun ebook tentang pengobatan penyakit tertentu. Dimana di dalamnya terdapat informasi eksklusif tentang tata cara mengobati penyakit tertentu yang tidak mudah didapatkan.

Keunggulan dalam pembuatan produk informasi adalah lebih mudah dalam pembuatannya, tidak seperti produk fisik yang tentunya membutuhkan biaya dan keterampilan yang benar-benar memadai.

Mungkin anda berpikir, saat ini kan zaman informasi, dimana pengetahuan apapun sudah sangat mudah didapatkan di internet. Apakah ada orang yang mau membeli produk informasi, dimana perlu mengeluarkan uang?

Jangan salah! Meskipun sudah cukup banyak tersedia informasi gratis di internet, tapi tetap banyak orang yang bersedia membeli suatu produk informasi. Bersedia merogoh kocek demi suatu informasi tertentu.

Alasannya adalah karena produk informasi yang disusun secara khusus biasanya isinya lebih mendalam dan lebih mendetail dibanding sekedar informasi yang didapatkan dari blog. Disamping itu, biasanya isinya pun lebih rapi terstruktur, sehingga memudahkan untuk memahaminya.

Orang ketika membutuhkan suatu informasi spesifik, terkadang bingung ketika membaca informasi tersebut di berbagai website atau blog yang tersebar di ranah online. Karena terdapat berbagai macam pendapat yang harus disusun sendiri. Dengan membaca suatu produk informasi seperti ebook, ia akan lebih mudah memahami. Itulah kenapa seringkali informasi sederhana ketika dibentuk dalam suatu produk informasi bisa tetap laku keras.

Tata cara membuatnya adalah, lihat diri anda, apa pengetahuan yang menjadi andalan anda, yang anda kuasai cukup mendalam. Untuk membuat suatu informasi yang berkualitas, tentunya anda harus benar-benar memahami apa yang anda bahas. Dengan begitu hasil yang didapat pun akan maksimal.

Setelah itu, cari persoalan-persoalan yang seringkali dihadapi orang-orang dalam bidang pembahasan tersebut. Jika sudah ditemukan, lakukan pendalaman dan kemudian cari solusinya. Apabila sudah didapat, buat sebuah karya yang menjawab persoalan-persoalan tersebut dalam bentuk, buku, ebook, video maupun audio.

Untuk teknis pembuatan medianya, seperti ebook dan lain-lain, silahkan baca di website konsultasi bisnis ini, atau silahkan membacanya dari sumber-sumber lain yang yang sudah banyak tersebar di internet. Cara membuatnya tidaklah sulit, belajar dalam waktu beberapa jam pun sudah bisa.

Mencari uang di internet dengan cara menjual produk informasi ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai pengetahuan mendalam terhadap suatu bidang pengetahuan tertentu. Jika anda yakin, telah cukup banyak mendalami suatu hal, baik secara praktek maupun hanya teori, maka jangan ragu untuk segera memulainya.

Di samping pengetahuan dalam bidang tertentu yang dikuasai, tentunya untuk dapat menjual informasi secara baik, anda diharuskan pula mampu menggunakan pola komunikasi atau penyampaian dengan baik, tergantung media yang anda gunakan. Jika anda menggunakan ebook, maka anda harus bisa menulis dengan baik, dimana tulisan anda akan mudah dipahami orang yang membacanya. Begitu pula ketika anda membuat produk dengan media lainnya, anda juga harus menguasai gaya komunikasi yang digunakan dalam penyampaiannya.

Disamping keunggulan, sebagaimana seperti bisnis-bisnis lainnya, pasti juga ada kendalanya.

Yaitu, biasanya tidak ada orang yang mau membeli informasi eksklusif kepada orang yang belum mempunyai reputasi dalam bidang tersebut. Bagaimana anda bisa menjual produk informasi tertentu jika anda belum dikenal dalam bidang tersebut. Apakah orang bisa percaya bahwa informasi yang ada berikan bisa cukup dipercaya?

Untuk mengatasinya, sebelum anda membuat produk informasi tertentu, ada baiknya jika anda mempunyai blog yang membahas tentang hal yang anda kuasai tersebut. Sehingga secara perlahan terbentuklah reputasi anda dalam bidang tersebut. Setelah kiranya cukup, anda bisa kemudian membuat karya informasi yang ingin anda jual.

Kalau ingin mendapatkan pendapatan yang lebih banyak, metode ini bisa anda gabungkan dengan bisnis adsense. Dimana blog anda menyediakan slot untuk iklan, baik iklan mandiri untuk perusahaan-perusahaan tertentu yang berkaitan dengan pembahasan anda, maupun dari iklan-iklan lelang, seperti Google Adsense.

Apabila anda sudah berhasil membuat produk yang anda inginkan, anda bisa menjualnya di blog anda sendiri, bisa juga anda manfaatkan marketplace, media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain.

Apabila dijual di Indonesia, selain blog sendiri, gunakan pasar-pasar online Indonesia seperti Kaskus, Bukalapak, dan Tokopedia. Sedangkan apabila menggunakan bahasa Inggris yang dibuat untuk konsumen berbahasa Inggris, bisa anda jual di pasar-pasar online berbahasa Inggris maupun di forum-forum berbahasa Inggris.

Jika konsumen anda berada di luar negeri, tentunya anda membutuhkan alat-alat pembayaran atau dompet virtual seperti credit card, Paypall, atau yang lainnya.

Akan tetapi, tempat yang paling baik untuk menjual produk anda adalah website anda sendiri. Karena akan lebih memudahkan anda dalam menjualnya, karena reputasi anda dalam tahap awal hanya akan dikenal melalui blog anda. Sehingga lebih mudah dalam menjaring konsumen.

 

  1. Memulai Bisnis Affiliate untuk Mendapatkan Komisi.

Dalam bisnis online ada yang disebut sebagai affiliate marketing. Jenis bisnis ini termasuk jenis usaha yang sangat sedikit modalnya, bahkan bisa tanpa modal jika anda menggunakan piranti-piranti gratisan.

Pola dari bisnis ini adalah kita mempromosikan atau merekomendasikan produk dari pihak lain. Dan ketika produk tersebut terjual berkat rekomendasi kita, maka kita akan mendapatkan komisi sesuai dengam perjanjian yang telah dibuat di awal.

Mungkin bagi yang kurang mengerti tentang pola-pola mencari uang di internet akan sedikit kebingungan, menganggap bisnis afiliasi ini sama dengan bisnis dropship. Perbedaanya adalah, dalam sistem dropship anda menjualkan produk pihak lain, sedangkan dalam sistem afiliasi, anda hanya memasarkan, pembeli akan langsung berhubungan dengan penjual ketika melakukan transaksi.

Pola dalam bisnis online affiliate ini mirip dengan menjadi publisher adsense (iklan). Dalam affiliate, anda juga membutuhkan media website untuk mempromosikan produk-produk yang akan dipromosikan. Bedanya, kalau iklan mengandalkan klik pengunjung untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan kalau affiliate mendapatkan keuntungan dari komisi penjualan dari setiap produk terjual berkat rekomendasi anda. Dimana biasanya, komisi produk yang terjual itu nilainya jauh lebih besar dari nilai klik harga iklan.

Meskipun begitu, semua akan kembali ke keahlian masing-masing. Dalam dunia internet marketing ada yang lebih sukses di bisnis adsense, ada pula yang justru lebih sukses ketika terjun ke dunia afiliasi.

Di samping keunggulannya, terdapat pula kelemahan dalam bisnis ini. Yaitu, daya beli masyarakat Indonesia yang cenderung masih cukup rendah. Sehingga sulit bisa menghasilkan keuntungan maksimal jika kita menggunakan bahasa Indonesia untuk menarik pembeli dari negara Indonesia. Jadi, anda harus menggunakan bahasa Inggris jika ingin sukses di bisnis ini.

Untuk lebih lanjut mempelajari tentang bisnis afiliasi, silahkan cari artikelnya di website kami dalam pembahasan tentang affiliate.

 

  1. Menjadi Seorang Guru Online atau Membuka Kursus Online.

Untuk anda yang berjiwa pengajar, peluang kerja online ini perlu anda pertimbangkan. Di samping bisa dijadikam pekerjaan sampingan, membuka kursus online juga bisa dijadikan usaha utama ketika murid online anda sudah semakin banyak.

Tidak seperti di kursus real (offline) yang mengharuskan anda bertatap muka dengan siswa, di kursus online ini, anda bisa mengerjakannya dari mana pun. Selama anda punya akses internet maka anda bisa terus mengajar.

Kesamaannya dengan kursus offline adalah anda tetap harus mempunyai keahlian dalam bidang yang anda ajarkan. Jika kemampuan anda mumpuni dan metode pengajaran yang anda gunakan baik, maka kemungkinan anda mendapatkan siswa akan semakin besar. Jangan nekat mengajarkan suatu hal yang tidak benar-benar anda pahami, disamping bisa menjerumuskan, juga akan merusak kredibilitas anda.

Model kursus online ini, saat ini, mulai banyak digemari, baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Ini disebabkan sistem kursusnya yang kondisional dalam pengaturan tempat dan waktu. Orang yang membutuhkan kursusan, bisa belajar dari mana pun. Waktunya pun bisa sangat leluasa. Keunggulan dari kursus online ini adalah pangsa pasar alias kesempatan anda mendapatkan murid akan semakin luas, karena tidak terbatas ruang. Orang yang berada di mana pun bisa mengikuti kursus online anda selama bisa mengakses internet.

Keunggulan lainnya dibanding kursus biasa adalah tidak perlu terlalu banyak melakukan pengulangan dalam memberikan materi pengajaran. Anda cukup merekam sekali dan kemudian meletakkan rekaman tersebut di website kursus online anda. Berbeda dengan kursus offline yang meniscayakan anda untuk terus mengulangi materi yang sama bagi pelajar baru.

Membuka kursus online ini sebenarnya bisa dibilang sebagai menjual produk informasi. Dimana anda bisa mendapatkan penghasilan bermodal pengetahuan yang anda miliki. Hanya saja, kalau dalam bisnis ini, anda akan lebih banyak membutuhkan pendekatan persuasif, karena akan sering berkomunikasi dengan pembeli alias murid kursus anda.

Dalam kursus online, biasanya pengajarannya akan dibagi dalam beberapa sesi, pada hari yang berbeda-beda. Di samping itu, umumnya juga terdapat sesi tanya jawab. Anda bisa menggunakan platform- platform chatting yang telah banyak disediakan oleh para developer website.

Gunakan website khusus sebagai media utama dalam proses mengajar. Platform-platform chat dan media sosial bisa anda gunakan sebagai alat tambahan. Manfaatkan theme khusus dalam pembuatan website kursus anda. Jika anda kurang paham tentang cara membuatnya, anda bisa memesan kepada para penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersebar di internet dengan biaya yang cukup terjangkau.

 

  1. Menjual Jasa Desain Grafis di Internet

Tahukah anda bahwa seorang designer grafis yang profesional di bidangnya bisa mendapatkan milyaran rupiah pertahun dari keahliannya. Untuk mencapai tahap seperti itu tentunya dibutuhkan perjuangan panjang. Tapi seiring waktu, jika keahlian ini terus ditekuni secara sungguh-sungguh maka bisa memberikan hasil yang cukup besar.

Jika anda masih pemula dalam bidang ini, tidak perlu ragu untuk terus menekuninya. Jual keahlian anda di forum dan pasar online yang menyediakan peluang bagi orang-orang yang menjual jasa. Manfaatkan situs-situs seperti Sribu.com, Fiverr, dan lain-lain. Gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest, dll untuk menjual keahlian anda.

Akan lebih baik lagi, sebagai sentral dari usaha online anda, jika anda memiliki sebuah website, dimana melalui website tersebut pengunjung bisa melihat hasil karya yang pernah anda kerjakan, juga bisa melakukan order pesanan design grafis langsung di website anda. Buat website bisnis anda semenarik mungkin sebab sebagai seorang desainer grafis, jika websitenya terlihat kurang menarik, terutama desainnya, maka akan mengurangi minat bagi calon konsumen.

Keunggulan dalam menjual jasa desain grafis secara online adalah, pangsa pasar anda akan sangat luas, bahkan hingga luar negeri. Sudut negara mana pun asalkan dijangkau internet, maka mempunyai peluang menjadi pasar potensial anda.

 

  1. Menjual Stock Desain Grafis di Internet

Ada sementara orang yang cenderung tidak suka terjun ke bisnis jasa, karena merasa usaha jasa itu harus berani lebih banyak mengorbankan nama baik ketika terdapat permasalahan yang mungkin sebenarnya hanya mis-komunikasi saja. Oleh karena itu, terkadang seorang ahli desain grafis menjadi ragu untuk menawarkan jasanya, karena model pre-order, dan khawatir tidak mampu memuaskan pelanggan.

Jika anda termasuk di antara mereka, mungkin ide bisnis menjual stock desain grafis cocok untuk anda. Yakni menjual produk desain seperti template, dimana template tersebut sudah siap pakai, hanya perlu sedikit customisasi saja.

Buat berbagai template Photoshop, Corel Draw, template logo atau icon, template presentasi, dan template-template lainnya yang sering dipesan kepada para desainer grafis. Apabila ada orang yang membeli tempate anda tersebut, maka ia bisa memanfaatkan desain tersebut untuk segala keperluan.

Untuk memasarkan template, anda bisa gunakan situs-situs komunitas desain grafis dan situs penjualan desain grafis yang banyak tersebar di internet seperti Graphich River, dll.

Selain menjual di situs-situs tersebut, anda bisa manfaatkan juga situs pribadi untuk menunjang bisnis desain grafis anda, yaitu agar bisnis anda makin terlihat profesional dan mempunyai ‘kandang’ tersendiri bagi stock yang telah anda buat.

 

  1. Menjual Foto di Internet

Mungkin suatu hal yang terdengar aneh, tapi memang benar ada. Banyak orang di internet, terutama perusahaan-perusahaan profesional yang tidak berani asal comot gambar di internet untuk digunakan dalam bisnisnya. Dari situ muncullah model bisnis fotografi ini. Anda bisa menjual hasil jepretan unggulan anda di internet.

Asalkan anda memiliki alat yang bisa digunakan untuk memotret dengan kualitas bagus, maka anda bisa segera mulai mengerjakannya. Cari obyek bidikan yang bagus dan memiliki nilai komersial untuk dijual, kemudian potret obyek tersebut sebaik mungkin. Atau bisa juga, melakukan pemotretan sambil lalu, dimana pun anda menemukan obyek yang pantas dibidik, maka bidiklah sebaik mungkin.

Kemudian pilih hasil bidikan terbaik dari antara koleksi foto anda, dan upload di situs-situs yang menyediakan penjualan foto. Yang perlu diingat, sebelum melakukan pemotretan, setting resolusi hasil foto anda agak tinggi, bertujuan agar pembeli leluasa ketika akan dicetak sesuai kehendaknya.

Di antara situs yang menyediakan tempat penjualan adalah iStockPhoto dan ShutterStock. Di situs tersebut anda bisa menjual foto-foto anda. Tapi tentunya tidak semua foto akan diterima, foto yamg diterima hanyalah foto yang memenuhi kriteria dan benar-benar bagus.

Jual beli lisensi foto memang belum biasa dilakukan di Indonesia, tapi di luar negeri sudah biasa. Oleh karena menggunakan standar dollar dan berpusat di luar negeri maka sediakan pula dompet virtual seperti credit card atau Paypall.

 

  1. Menjual Template dan Plugin Wordoress

Salah satu CMS yang paling banyak digunakan di dunia untuk membangun sebuah website adalah WordPress. Terdapat lebih dari 74.652.825 situs yang menggunakan CMS ini, berakibat pengembangan berbagai plugin WordPress pun makin banyak, mencapai lebih dari 29.000 plugin.

Dengan banyaknya pengguna wordpress, banyak pula bermunculan jenis tema (theme) yang beraneka ragam, juga plugin yang bermacam-macam. Ada yang berbayar, ada pula yang gratis. Meskipun biasanya plugin gratisan terdapat keterbatasannya dibandingkan yang pro (premium).

Biasanya orang yang merasa puas dengan plugin gratisannya dan ingin mendapatkan fungsi tambahannya yang lebih mantab, tidak akan ragu untuk membeli plugin premium. Maka tidak heranlah jika para theme & plugin developers berani memberikan harga yang cukup tinggi.

Di sinilah peluang anda yang jago dalam hal coding. Anda bisa manfaatkan keahlian anda dengan membuat theme dan plugin premium, kemudian jual plugin dan theme yang sudah anda buat di situs-situs yang menyediakan penjualan theme dan plugin premium. Anda juga bisa membuat website pribadi untuk memasarkannya. Bagi seorang yang jago coding, tentunya merupakan hal yang sudah jadi makanan sehari-hari tentang pembuatan web tersebut.

Di antara situs yang menyediakan tempat untuk menjual theme dan plugin premium adalah ThemeForest. Anda bisa menjual hasil karya anda di sana.

Perlu anda ketahui, bahwa di situs tersebut, dalam waktu seminggu, theme terpopuler bisa terjual hingga 1.500 copy lebih.

Bayangkan, jika harga yang dipatok dari theme tersebut adalah 58 Dollar, maka dalam waktu seminggu, pembuat theme tersebut bisa mengantongi uang hingga 84.564 Dollar, yang jika dirupiahkan menjadi Rp. 1 Milyar. Luar biasa, bukan! Jika anda memang jago dalam coding theme, jangan ragu untuk segera terjun dalam bisnis pembuatan theme dan plugin ini.

 

  1. Menjadi Freelance Writer atau Penulis Artikel secara Freelance

Individu maupun perusahaan yang memiliki blog untuk menghasilkan uang biasanya membutuhkan artikel atau konten berkualitas untuk blognya. Karena hal ini selain berpengaruh bagi kepercayaan pembaca juga mempengaruhi penilaian mesin pencari untuk bisa berada di halaman depan pencarian mesin pencari.

Padahal sebenarnya tidak seluruh blogger mempunyai kemampuan untuk menulis artikel yang baik dan berkualitas. Untuk menutupi kekurangan tersebut, biasanya mereka menyewa para penulis freelance. Di sini lah peluang anda yang mempunyai keterampilan menulis dengan baik untuk dapat menghasilkan uang berbekal keahlian tersebut.

Terdapat perbedaan antara orang yang menulis artikelnya secara asal-asalan dan orang yang menulisnya secara sungguh-sungguh.

Bagi yang menulis asal-asalan, yang penting jadi suatu artikel, biasanya hasil tulisannya tidak ada isinya, meskipun bertele-tele pembahasannya. Artikel-artikel seperti ini biasanya dihargai murah oleh para pembeli artikel.

Sedangkan artikel yang ditulis secara serius, dengan pendalaman materi, tentunya hasilnya beda. Karena mempunyai nilai tambah bagi pembacanya. Sehingga buyer alias pembeli berani memberikan harga tinggi untuk hasil tulisannya.

Para penulis artikel berkualitas ini sangat mungkin akan di-hire, baik secara freelance maupun kontrak, oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai penulis artikel untuk website-website mereka. Ketika anda yakin akan kualitas tulisan anda, anda pun bisa menawarkan kepada perusahaan-perusahaan tersebut untuk bekerjasama.

Untuk dapat menulis artikel berkualitas, disamping pendalaman materi pembahasan yang cukup, juga dibutuhkan keahlian dalam teknis penulisan artikel yang baik dan benar, sesuai dengan tata cara penulisan dengan gaya yang runut dan mudah dipahami.

Tambahan lagi, jika anda berkemampuan untuk menulis artikel dalam bahasa Inggris, maka kemampuan anda tersebut bisa menghasilkan uang yang cukup besar. Karena nilai atau harga artikel dalam bahasa Inggris biasanya jauh lebih besar, dikarenakan pasar penggunaannya internasional.

Kemudian apabila anda ingin mencari pekerjaan sebagai freelance writer, and bisa kunjungi situs-situs seperti TexBroker dan SribulancerUpWork untuk mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

Agar mudah dalam menarik pembeli jasa anda, miliki blog yang didalamnya terdapat contoh-contoh tulisan anda. Dengan begitu orang akan tidak ragu untuk menyewa jasa anda, karena telah melihat hasil tulisan yang anda buat.

 

  1. Menjadi Seorang Copywriter atu Penyihir Kata

Kenapa disebut penyihir kata? Karena tugas mereka adalah menciptakan beberapa kata yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mereka tertarik dan mencoba untuk melakukan apa yang kita inginkan.

Istilah gampangnya adalah seperti seorang salesman, cuma bedanya mereka memasarkan sesuatu lewat media tulisan. Peluang usaha ini terkesan sepele memang, karena hampir semua orang bisa melakukannya. Eits, jangan salah, ide bisnis ini tidak asal-asalan, butuh latihan dan belajar. Karena tidak semua orang bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat sihir yang pastinya dengan struktur tulisan yang singkat, padat, jelas, dan menarik.

Makanya, wajar jika beberapa perusahaan besar berani membayar mahal untuk peluang bisnis yang satu ini. Bahkan seorang copywriter bisa mendapatkan penghasilan sekitar $52000 hingga $62000 dalam setahunnya. Tidak disangka bukan?! Enaknya lagi, seorang copywriter tidak harus terkekang dengan jam kantor yang rutin, bahkan bisa dibilang hampir mirip dengan pekerjaan yang bersifat freelance. Jadi anda bisa memanfaatkan waktu luang yang ada untuk melakukan pekerjaan lainnya.

Biasanya, seorang copywriter bertugas untuk membuat iklan bentuk tulisan, baik yang dipasang di papan periklanan yang biasanya di pinggir jalan, mall, maupun daerah ramai lainnya yang sering dibuat lalu-lalang orang, iklan di pamflet, iklan di halamam penjualan sebuah perusahaan maupun landing page, dan di media lainnya baik bersifat online maupun offline, yang mana semuanya bertujuan untuk merayu dan menarik pembaca untuk melakukan maupun mencoba produk, jasa, atau lainnya yang anda iklankan.

Karena pekerjaan ini tidak mudah, jadi dibutuhkan skill dan kreativitas dalam pengolahan kata. Sehingga anda butuh belajar mengenai apa itu copywriting.

 

  1. Mendirikan Agensi Pembuatan Content Marketing

Peluang usaha agensi pembuatan konten marketing ini hampir sama dengan poin sebelumnya, menjadi seorang copywriter. Hanya saja ide bisnis yang satu ini biasanya berbentuk perusahaan (baik perusahaan kecil maupun besar) bukan personal.

Hasil survey dari WPCurve didapatkan 89% perusahan startup menggunakan konten marketing sebagai salah satu jalan pemasaran produk, baik mereka bekerjasama dengan agensi pembuatan konten marketing maupun mempunyai seorang copywriter. 71% perusahan tidak menggunakan konten marketing dengan berbagai alasan yang berbeda. Dan 0% yang menjawab mereka tidak paham tentang ROI (Return Of Invesment) atau ROR (Rate Of Return) yang biasanya dijadikan pengukuran prosentase laba dari sebuah investasi.

Sebenarnya, tidak ada satupun perusahaan (terutama perusahaan startup) yang tidak mau menggunakan konten marketing, karena metode ini dianggap sebagai metode pemasaran paling ampuh di dunia online. Kebanyakan mereka beralasan mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak punya cukup waktu untuk membuat konten, maupun tidak adanya sumber daya manusia yang kompeten dalam hal pembuatan konten marketing.

Dari hasil survey tersebut dapat disimpulkan bahwa agensi pembuatan konten marketing merupakan salah satu ide bisnis yang menjanjikan dan masih terbuka lebar untuk anda coba, karena 71% perusahan membutuhkan agensi pembuatan konten matketing yang bisa anda ajak untuk bekerjasama.

 

  1. Menjadi Penerjemah atau Translator

Memang tidak dapat dipungkiri banyak sekali kamus terjemah bahasa Indonesia-Inggris maupun ke bahasa lainnya yang gampang anda temukan, apalagi di jaman dunia digital yang semakin berkembang, anda bisa mengakses kamus secara online tanpa harus capek membawa kamus terjemah ke mana-mana.

Tapi, tidak sedikit orang maupun perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah atau translator. Kenapa? Karena kebanyakan mereka tidak memiliki waktu dan tidak sedikit mereka yang tidak mau ribet dengan urusan terjemahan, apalagi bagi orang yang memiliki uang lebih sehingga dengan gampang membayar jasa translator.

Meskipun peluang usaha translator hasilnya bisa dibilang lumayan kecil, namun jika ditekuni bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan bahkan bisnis freelance yang menjanjikan. Apalagi para blogger Indonesia sedang dilanda galau karena harga iklan adsense indonesia yang melonjak turun secara signifikan, sehingga banyak dari mereka beralih ke blog berbahasa inggris.

Karena terbatasnya sumber daya manusia yang mereka miliki, mau tidak mau mereka terpaksa menyewa jasa translator maupun membeli artikel berbahasa Inggris demi keuntungan besar yang akan mereka dapatkan. Sehingga kesempatan peluang bisnis ini terbuka lebar untuk anda. Jika anda kesulitan dalam mencari target bisnis penerjemah, anda bisa berkunjung di forum Ads.id, ada puluhan blogger yang membutuhkan jasa anda. Atau anda bisa menjual jasa translator di Fiverr Sribulancer One Hour Translation.

Modal yang anda butuhkan hanya alat untuk menulis (laptop maupun sejenisnya) dan kuota internet untuk mengakses kamus secara online atau anda bisa mendownload kamus online dan offline, jadi bisa anda gunakan sewaktu-waktu tanpa harus terhubung dengan internet. Cukup murah dan mudah bukan? Satu lagi yang perlu anda pertimbangkan, jasa penerjemah non-profesional pun akan tetap laku di pasaran dunia blogger Indonesia, karena tidak sedikit dari mereka yang mencari tanslator dengan kriteria yang terbilang mudah demi memenuhi target blog bahasa Inggris terbaru mereka.

 

  1. Menjadi Seorang Virtual Assistant

Apa itu virtual assistant? Bagi anda yang masih asing dengan istilah ini, kami akan menyinggungnya secara singkat. Sebelum anda memahami tentang asisten virtual, ada baiknya anda mengetahui apa itu kantor virtual atau virtual office, yang kami lansir dari wikipedia.

Kantor Virtual atau Virtual Office adalah sebuah “ruang kerja” yang berlokasi di dunia internet, di mana seorang individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk melaksanakan bisnis profesional atau pribadi tanpa memiliki “fisik” lokasi usaha. Kantor virtual merupakan sebuah bentuk aplikasi layanan perkantoran dalam format virtual yang bekerja secara online.

Virtual assistant (biasa disingkat VA) merupakan seorang asisten atau pekerja yang mengerjakan segala bisnisnya secara online di rumah maupun di mana saja tanpa terkekang dengan kantor fisik atau nyata. VA memiliki arti yang masih luas, dimana mencakup segala jenis pekerjaan sebagai asisten secara online, antara lain: copywriting, desain grafis, editing, penulis, riset, translasi, manajemen social media, input data, programming, dan lain sebagainya dengan pola kerja yang berbeda.

Status VA pun dibedakan menjadi 2, yaitu sistem kontrak dengan seseorang atau sebuah perusahaan tertentu dan sistem freelance (bebas). Misalnya saja anda seorang VA di bidang desain grafis. Pastinya anda selalu meyediakan jasa desain grafis dimana anda akan dibayar per project, baik anda sebagai VA kontrak maupun freelancer.

Jika anda termasuk VA freelancer, tidak ada salahnya anda bergabung di UpWork (dulunya bernama oDesk). Di sini anda akan mendapatkan gaji yang berkisar antara $10 hingga lebih dari $50 per jamnya, dan tentunya gaji tersebut tergantung bidang atau spesialisasi VA anda.

 

  1. Menjadi Blogger Konsultasi atau Pelatihan

Peluang usaha yang satu ini cocok bagi anda para blogger, kenapa? Karena anda bisa menyulap blog yang anda kelola menjadi blog konsultasi atau pelatihan. Apalagi blog anda sudah berumur lama dengan pengunjung ribuan per harinya.

Memang, hanya dengan memasang iklas adsense di blog, anda sudah mendapatkan penghasilan per bulannya sesuai dengan niche yang anda kuasai, tapi dengan menjadikan blog anda sebagai media pelatihan dan konsultasi secara online, pastinya penghasilan yang akan anda peroleh berlipat ganda. Apalagi konsultasi atau pelatihan tersebut dilakukan secara privat dan langsung.

Seperti pada website ZonaKreatif.com dimana hanya membahas hal yang remeh-temeh tetapi terdapat banyak pengunjung yang request untuk membuka kursusan bagi tutorial yang telah dibahas.

Maka dari itu, bagi anda yang sudah memiliki blog popular, jangan sia-sia kan peluang usaha dan kesempatan emas ini. Karena ide bisnis ini masih dianggap menjadi salah satu jenis jasa yang bisa menghasilkan omset tinggi untuk setiap kali sesi pelatihan maupun konsultasi privat.

Dan bagi anda yang belum memiliki website untuk dijadikan blog, segera miliki blog dengan niche yang sesuai kemampuan dan kredibilitas anda. Setelah beberapa bulan anda kelola, segera sulap blog tersebut menjadi blog pelatihan maupun konsultasi langsung dan privat.

 

  1. Menerbitkan Buku Asli Maupun Ebook

Memang, sebelumnya kita sudah membahas ebook di poin terdahulu yang termasuk bagian informasi, tapi kali ini kita khusus membahas ebook maupun buku asli yang mana bisa dijadikan salah satu ide bisnis yang menguntungkan, dimana naskah yang anda tulis akan diterbitkan secara resmi disamping anda juga bisa menjualnya sendiri.

Gimana caranya? Gampang, dengan keahlian bahasa Inggris yang anda kuasai, anda bisa menulis dan menerbitkan ebook maupun buku asli di KDP (Kindle Direct Publishing) punya Amazon, tanpa syarat, siapapun bisa melakukannya, dengan catatan dia bisa menulis. Ditambah lagi, topik yang akan anda tulis bebas alias tidak ada ketentuan, baik yang bersifat fiksi maupun non fiksi.

Kami akan menyinggung sedikit tentang KDP ya. KDP merupakan sebuah alat yang mewadahi penulis untuk menerbitkan karya tulisan mereka secara online (ebook), dimana karya tulisan mereka akan dibaca oleh para penjelajah kindle. Pada saat masuk beranda KDP, anda langsung disodorkan dengan judul buku, jenis sampul, nama penulis (baik nama asli maupun samaran), dan sebagainya layaknya anda akan menerbitkan sebuah buku. Bahkan anda juga bebas menentukan berapa harga buku anda.

Jadi bagi anda yang jago menulis (terutama tulisan bahasa Inggris), tidak ada salahnya untuk mencoba, daripada keahlian anda sia-sia atau anda gunakan untuk corat-coret di medsos yang tidak menghasilkan uang, mending anda gabung di KDP.

Dan yang perlu anda ketahui, di KDP, buku yang dibilang sederhana sekalipun ada nilai uangnya, yang mana biasanya berisi 5000 kata mampu terjual dengan harga $2.99. Belum lagi, kita akan mendapatkan royalti sebesar 35% setiap penjualan. Kalau buku anda bisa terjual senilai $2.99 berarti anda akan mendapatkan royalti sebesar $1.05 setiap kali penjualan.

Salah satu contohnya, Spencer Haws dari Niche Pursuits mampu meraup uang sebesar $1,315 (sekitar Rp 15 juta) per bulannya hanya dari hasil menulis buku di KDP. Wow, tidak disangka bukan?

Terus bagaimana dengan kita yang kurang jago menulis dengan bahasa Inggris? Tenang, jangan berkecil hati, semua sudah ada solusinya, Anda bisa gabung di NulisBuku. Di sini, anda bisa menuangkan keahlian menulis anda. Anda hanya perlu menuliskan naskah lalu dikirimkan ke NulisBuku. Dan tulisan anda akan dicetak pada saat ada yang memesan.

Bagaimana, mudah bukan? Peluang usaha ini terbilang jenis usaha online yang paling aman dengan modal yang minim. Kenapa? Karena memang sedikit berisiko, bahkan bisa dibilang tidak berisiko sama sekali dan tanpa modal, hanya butuh keahlian menulis dan konsisten untuk merealisasikannya.

 

  1. Membuat Website dengan Keanggotaan Premium

Di poin sebelumnya, anda membuka jasa konsultasi dan pelatihan lewat blog yang anda kelola. Nah, untuk peluang usaha ini, juga hampir mirip dengan poin sebelumnya, namun, hanya orang yang resmi menjadi anggota website anda saja (dengan membayar uang sekian) yang bisa membaca konten blog anda.

Pastinya anda sendiri yang menentukan anggota premium anda dengan tarif sekian untuk bisa membaca konten blog sekaligus bisa konsultasi. Website atau blog dengan keanggotaan premium ini biasanya memakai sistem berbayar baik bulanan maupun tahunan, tergantung anda menentukannya.

Membuat membership website seperti ini tidaklah sulit, apalagi bagi anda yang berkecimpung di dunia blog dan sudah terbiasa mengutak-atik blog anda sendiri. Anda hanya perlu menambahkan plugin tertentu di blog WordPress yang anda kelola.

Ada dua plugin alternatif yang bisa anda coba pasang di blog WordPress anda, yaitu: yakni S2Member (gratis) dan WishlistMember (premium/berbayar).

Dan dalam menyajikan konten ke anggota pun ada beberapa cara yang berbeda. Di bawah ini, kami sajikan 3 contoh website membership yang terkenal dan sukses dengan cara menyajikan konten ke anggota premium mereka, yaitu:

  1. Konten yang anda buat hanya bisa diakses oleh anggota yang membayar minimal $59 per bulannya. Sedangkan non-anggota atau yang berbayar di bawah patokan harga tersebut hanya bisa membaca konten sebagian saja. Metode ini dipraktekkan oleh website membership terkenal bernama SmartInsights.
  2. Anda membuat konten blog maupun tutorial yang bisa diakses secara gratis oleh semua pembaca anda, namun jika ingin melakukan sesi tanya-jawab maupun konsultasi secara langsung dan privat, dia harus daftar menjadi anggota premium dengan tarif berbayar sebesar $37 per bulan, seperti yang dipakai oleh WPSites.
  3. Model forum komunitas, dimana untuk menjadi anggota forum, dia harus membayar senilai $99 per bulan. Selain bisa mengakses semua konten yang anda buat, anggota forum juga bisa konsultasi maupun tanya-jawab secara langsung, serta berdiskusi antara member satu dengan member lainnya, seperti forum komunitas premium StackThatMoney.

Dari ketiga contoh website beranggotakan premium di atas, dapat disimpulkan bahwa ada ribuan orang bahkan jutaan yang rela merogoh kocek dengan harga yang terbilang tinggi hanya untuk mendapatkan informasi maupun tutorial yang mereka butuhkan.

Tidak disangka bukan? Hanya bermodalkan website, mereka bisa meraup jutaan dolar per bulannya. Anda pun bisa melakukannya. Dengan catatan, metode yang anda gunakan sesuai dengan tarif yang anda tentukan. Dan yang paling penting, anda memilih niche yang bagus lalu anda isi dengan konten yang berkualitas, pastinya niche tersebut sesuai dengan kemampuan dan bakat yang anda miliki.

 

  1. Penyedia Jasa Web Development

Jika anda jago mengutak-atik website, anda bisa memanfaatkan keahlian yang anda miliki menjadi peluang usaha sampingan atau freelance. Menjadi penyedia jasa web development hampir sama dengan ide bisnis desain grafis, hanya berbeda di cara kerjanya saja.

Pada awalnya, anda bisa menawarkan jasa pembuatan website ke teman-teman maupun rekan kerja yang ingin berkecimplung di dunia blog. Atau bisa juga menawarkan ke forum komunitas blogger.

Anda bisa memulai dengan website yang sederhana terlebih dahulu, yang tidak perlu membutuhkan banyak plugin untuk membuatnya. Semakin anda telaten menggeluti dunia blogging, lambat laun anda akan menjadi semakin profesional, dengan catatan anda mau mencoba hal baru dan tidak patah semangat.

Bagi anda yang kesusahan mencari klien yang membutuhkan jasa pembuatan web, anda bisa berkunjung ke 2 website ternama yang terkenal ada puluhan job bagi para web developer, yaitu: UpWork dan Projects.co.id. di kedua web ini, anda bisa mendapatkan job mulai dari budget di bawah 1 juta hingga di atas 100 juta.

 

  1. Jadi Software Developer atau Membuat dan Menjual Software

Ide bisnis yang satu ini tidak jauh beda dengan poin sebelumnya, menjadi penyedia web development, hanya saja pada poin kali ini di bidang software, bukan website.

Pastinya peluang ini menjadi peluang emas bagi anda yang jago dalam bidang software, baik menjadi penyedia jasa software maupun dapat membuat software sendiri dan menjualnya.

Anda bisa memulai membuka usaha ini dengan menyediakan jasa perbaikan maupun pembuatan software sebagai usaha sampingan atau freelance. Tapi jika anda ingin serius di bidang software dan malas/tidak tertarik di bidang jasa atau layanan, ada baiknya anda berfikir untuk membuat software dan menjualnya layaknya sebagai produk sendiri.

Dengan begitu, anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk berkarya tanpa harus berhubungan dengan orang lain (klien). Dan sistem pembuatan maupun marketingnya sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Seperti SaaS (Software as a Service), model bisnis software yang penggunanya harus membayar secara langganan (subscription), karena SaaS merupakan software yang berbasis web.

Salah satu contohnya adalah Slank, yaitu media komunikasi atau chatting sesama tim kerja. Tidak pernah dibayangkan sebelumnya, ternyata Slank melejit dengan omzet hingga $2.8 triliun di tahun 2015, padahal baru saja dirilis 1 tahun sebelumnya (2014).

Dan yang lebih mengherankan lagi, Slank merupakan hasil dari usaha sampingan yang dulunya dianggap sepele oleh pendirinya, bahkan bisa dikatakan hanya sebagai ajang untuk coba-mencoba.

Nah, semua ini berawal dari ide kan? Jika anda memiliki ide dan kemampuan dalam bidang tertentu, beranikan diri untuk mencoba dan menciptakan produk baru, apalagi yang berhubungan dengan dunia digital.

 

  1. Menjadi Penjual Jasa SEO

Apa itu SEO? Bagi anda yang berkecimplung di dunia blogger maupun bisnis online, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. SEO (Search Engine Optimazion) adalah salah satu strategi marketing dengan cara mengoptimalisasikan blog, website, maupun sejenisnya agar berada di halaman pertama mesin pencarian, seperti: Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Apa pentingnya SEO? SEO berguna untuk meningkatkan traffic di mesin pencarian. Strategi marketing online ini tidak lain untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa yang kita tawarkan dengan cara membidik kata kunci yang sering dicari orang dalam mesin pencarian.

Misalnya saja anda memiliki toko online fashion wanita yang berbasis web. Untuk tahap awal, anda perlu memasang kata kunci tertentu (seperti: baju lebaran, busana muslim terbaru, dan lain sebagainya) di toko website anda, untuk meningkatkan traffic di mesin pencarian.

Pada saat orang mencari dengan kata kunci “baju lebaran”, secara otomatis toko web anda akan muncul di halaman mesin pencari. Tidak menutup kemungkinan, orang akan mengunjungi toko web anda dan pastinya akan melihat produk fashion yang anda jual, terlebih jika toko web anda berada di peringkat pertama.

Nah, itulah salah satu manfaat SEO. Makanya, SEO dianggap sebagai strategi marketing online yang ampuh dan jitu. Sayangnya, tidak semua pebisnis online mengerti dan paham apa itu SEO. Di sinilah terbuka lebar peluang anda untuk menjadi penyedia jasa SEO.

Namun begitu, bagi anda yang belum terlalu menguasai teknik SEO, apalagi belum ada satu pun web yang sukses menggunakan strategi SEO, sebaiknya jangan mencoba peluang bisnis ini. Karena klien pun akan menilai seberapa kesuksesan anda di bidang SEO website.

Kira-kira apa saja yang harus disiapkan oleh penyedia jasa SEO, sehingga anda bisa menjadi penyedia jasa yang profesional? Seorang penyedia jasa SEO harus menyediakan pelayanan yang mencakup:

  • Riset kata kunci bidikan dan kompetitornya.
  • Monitor maupun pembuatan blacklink.
  • Content marketing (proses pembuatan hingga distribusi).
  • Analisa data dari Google Analytic.
  • Optimasi struktur website.
  • Berusaha mencabut penalty dari Google.

Ada ribuan tutorial dan panduan belajar SEO di internet yang bisa anda jadikan rujukan untuk belajar, dimana anda bisa mengaksesnya secara gratis.

 

  1. Membuat Game atau Aplikasi Mobile atau Android

Jika membuat aplikasi mobile membutuhkan kreativitas dan kredibilitas dalam bidang programming yang profesional, anda masih bisa membuat game maupun aplikasi mobile yang sederhana. Karena pembuatan game tidak perlu membutuhkan skill programming.

Kalau begitu, siapapun bisa membuat game dong? Iya, siapapun, asal dia memiliki kemauan dan mau mencoba. Apalagi hampir semua orang sudah kecanduan dengan mobile dengan segala aplikasinya.

Anda masih ingat dengan salah satu game mobile bernama Flappy Bird? Dimana pada masa keemasannya, game ini mampu meraup omset hingga $10.000 atau setara dengan Rp 120 juta per harinya hanya dari iklan AdMob saja.

Nah, sekarang gimana cara membuat game? Tenang, sudah ada banyak tempat yang menyediakan aplikasi siap edit dan publish untuk pembuatan aplikasi game mobile. Yang anda butuhkan hanya modal untuk membeli source code dari aplikasi tertentu lalu anda edit desain dan teksnya, yang terkenal dengan istilah reskinning.

Chupamobile, merupakan pasar jual-beli template atau source code untuk aplikasi mobile dengan harga rata-rata sekitar $99. Jika harga ini terlalu mahal, anda bisa membeli source code di CodeCanyon, dimana template atau source code di sini dibandrol dengan harga sekitar $20.

Selain source code, anda juga membutuhkan sekitar $25 untuk Google Play. Hanya dengan modal kurang lebih $45, anda sudah bisa membuat game mobile sekelas Flappy Bird maupun game model lainnya. Setelah game anda jadi, anda tinggal memasang iklan dari AdMob dan tunggu saja penghasilan anda akan mengalir dengan sendirinya.

 

  1. Manajemen Marketing melalui Digital Advertising

Di era digital yang semakin berkembang saat ini, digital advertising dianggap sebagai strategi iklan online yang ampuh, terukur, murah, dan lebih efektif dibandingkan dengan iklan tradisional. Bahkan pengeluaran digital advertising dalam 5 tahun belakangan ini diperkirakan akan segera menyaingi iklan TV dan sudah mengalahkan iklan tradisional.

Meskipun begitu, sebagian besar UKM di indonesia masih merasa kesulitan untuk menggunakan iklan online, meskipun sebenarnya mereka tertarik. Hal ini dikarenakan pembuatan iklan online lebih sulit dibandingkan iklan tradisional, dan pastinya membutuhkan pembelajaran yang lebih serius.

Gimana tidak? Penyedia jasa marketing melalui digital advertising harus memiliki beberapa kemampuan sebagai copywriter, desain grafis, dan data scientist, yaitu membuat teks iklan, video, maupun gambar dan didesain semenarik mungkin, sehingga performa iklan online benar-benar maksimal, serta dipadukan dengan pengolahan beberapa data dan uji coba.

Karena sistem pembuatan iklan online yang agak sulit, sehingga tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan jasa management marketing melalui digital advertising. Dari sinilah, peluang usaha anda terbuka lebar.

 

  1. Mendirikan Jasa Social Media Marketer

Tidak jauh berbeda dengan jasa SEO, jasa social marketing juga dianggap sebagai metode marketing yang ampuh di dunia bisnis online, sehingga jasa pelayanan social marketing dan manajemen banyak dicari.

Ada beberapa pekerjaan yang harus anda kuasai jika anda menyediakan jasa pelayanan dan marketing social media, antara lain:

  • Membuat dan membagikan konten pemasaran.
  • Membangun kesadaran brand.
  • Meningkatkan traffic web melalui media social.
  • Meningkatkan jumlah follower.
  • Berinteraksi dengan fans atau follower.

Sama halnya dengan jasa penyedia SEO, hampir susah menenemukan penyedia SEO yang handal, begitu juga dengan social media marketer ini, sangat jarang jasa pelayanan dan pemasaran media social yang benar-benar profesional. Oleh karena itu, kesempatan dan peluang untuk membuka jasa pelayanan dan social media marketer terbuka lebar.

 

  1. Mengoleksi Domain untuk Dijual Kembali.

Bagi para pelaku bisnis online, domain merupakan nama perusahaan dan lokasi bisnis di dunia offline. Maka dari itu, semakin bagus nama sebuah domain, maka harganya pun semakin mahal.

Ini adalah kesempatan emas bagi anda untuk menjadi kolektor nama domain. Meskipun peluang usaha ini lebih cocok disebut sebagai investasi, karena bukan merupakan peluang usaha langsung, tapi membutuhkan beberapa waktu untuk menjualnya. Namun, banyak sekali kolektor nama domain yang meraup jutaan rupiah hanya dari sebuah domain saja.

Wajar saja, pada saat kolektor membeli nama domain tertentu untuk pertama kalinya, dia hanya mengeluarkan sebesar $10 saja, tapi dengan nama domain yang bagus dan gampang diucapkan maupun gampang diingat, para pebisbin online berani membelinya dengan harga $500 hingga $100000 bahkan lebih.

Fantastis bukan? Jadi tunggu apalagi, segera koleksi nama domain yang bagus dan jual kembali beberapa tahun kemudian. Tapi ingat, anda pun harus pandai dalam memilih nama domain dan bisa membaca dan memperkirakan perkembangan dunia digital ke depannya seperti apa, agar nama domain yang anda koleksi tidak sia-sia dan hanya menjadi liabilitas saja.

 

  1. Pengalihan Pekerjaan maupun Jasa Offline menjadi Online

Semakin modern pola kehidupan sebuah masyarakat, maka kebutuhan akan dunia online pun semakin meningkat. Tidak hanya pada pelayanan yang memang berhubungan dengan teknologi maupun internet saja (seperti desain grafis), namun pelayanan dan pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan teknologi pun mulai dialihkan menjadi online.

Di indonesia sendiri sudah banyak contohnya, antara lain:

  • Menjadi penyedia jasa di Seekmi.com,
  • Menjadi guru privat di RuangGuru.com,
  • Menjadi supir ojeg di Go-jek,
  • Menjadi supir taksi di Grab-car,
  • Menjadi penulis komik di Ngomik.com,
  • Menjadi penjual pulsa, tagihan air maupun PLN di Wobe.io.

Beberapa contoh di atas menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat akan pekerjaan maupun jasa secara online semakin meningkat tiap tahunnya. Bahkan di luar negeri ada berbagai macam layanan online yang sudah populer namun di negara kita belum mempraktekkannya. Seperti:

  • Laundromatch – jasa laundry online.
  • Lu.gg – jasa online pindahan rumah.
  • Shortcut – tukang cukur rambut online.
  • MakeSpace – jasa penyimpanan storage atau barang secara online.

Jasa online yang belum diterapkan di Indonesia namun sudah populer di luar negeri bisa anda jadikan sebagai ide bisnis online. Sebelum memulai usaha online baru pastikan pengetahuan dan kemampuan anda di bidang tersebut benar-benar matang dan terukur. Jika tidak, kemungkinan besar untuk sukses dan berkembang di bisnis baru anda menjadi lambat, bahkan parahnya lagi, bisa gagal.

 

  1. Menjadi YouTuber

Tahukah anda bahwa video YouTube yang ditonton orang sebanyak 23.000 kali mampu menghasilkan omset hingga $395. Nggak percaya? Ini buktinya, seorang YouTuber yang tersukses pada tahun 2013 dengan subscriber terbanyak, Piewdiepie, mampu meraup uang sebesar $4 juta dalam setahun hanya dari video YouTube saja. Keren kan?

Dan penghasilan ini hanya didapatkan dari iklan yang dipasang di video. Ada dua jenis iklan yang sering digunakan:

  • Pertama: Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada yang melakukan klik iklan.
  • Kedua: Komisi yang anda dapatkan di setiap kali iklan yang muncul atau tayang.

Biasanya, pihak YoutTube mengambil untung sebesar 45% dari hasil iklan tersebut dan 55% diberikan pada pemilik video. Jika anda bisa membuat video, anda bisa memanfaatkan peluang usaha yang masih terbuka lebar ini.

Video yang populer dan sering kali mendapatkan banyak pengunjung biasanya berupa video tutorial atau panduan tertentu, humor (video lucu), dan musik. Dan yang paling penting adalah video yang benar-benar unik, bukan hasil jiplakan (copas) punya orang lain. Karena hak cipta seringkali menjadi hambatan dalam kesuksesan seorang YouTuber.

 

  1. Punya Kamar atau Rumah Tidak Terpakai? Sewakan saja!

Tidak sedikit orang yang memiliki rumah maupun kamar yang dibiarkan kosong. Entah karena alasan tertentu, sehingga kamar maupun rumah tersebut tidak terpakai. Sebenarnya anda bisa menyewakannya layaknya hotel maupun penginapan (pastinya dengan harga yang pantas), terlebih jika rumah anda berada di lokasi keramaian, seperti dekat lingkungan kampus, sekolah, pabrik maupun perkantoran, dan lain sebagainya.

Jika anda malas dan tidak ada cukup waktu untuk memasarkanya, anda bisa gabung di situs AirBnB. Apa itu AirBnB? AirBnB merupakan situs yang menyediakan kamar maupun rumah kosong untuk disewakan. Biasanya, orang yang menyewa rata-rata para dan hanya menyewa beberapa hari saja.

Sebagai contoh, untuk daerah Surabaya, rata-rata kamar disewakan dengan harga sekitar 130.000 hingga 275.000 per malamnya. Cukup terjangkau bukan untuk kantong para backpacker? Meskipun terbilang murah, rata-rata mereka bisa mendapatkan penghasilan sebesar 2 juta hingga 3 juta rupiah dalam 2 minggu.

Sangat menggiurkan, bukan? Anda tidak perlu repot-repot menawarkan dan memasarkan kamar maupun rumah kosong anda untuk disewakan. Cukup dengan bergabung di situs AirBnB saja, dan nantikan penghasilan dari uang sewa yang akan anda dapatkan.

 

  1. Menjual Produk tertentu dengan Sistem Berlangganan

Tidak dapat dipungkiri, sebagian besar wanita selalu membeli produk kecantikan, untuk perawatan kulit dan rambut, parfum dan sejenisnya setiap bulan sekali atau setiap beberapa bulan sekali. Laki-laki pun demikian, namun hanya sebagian kecil saja.

Terutama untuk produk kecantikan, biasanya kalau sudah cocok dengan merk tertentu, wanita akan sulit untuk ganti merk, kecuali karena alasan yang urgent dan fatal. Kondisi ini sebenarnya bisa anda manfaatkan untuk berjualan produk dengan sistem langganan.

Anda bisa menjual produk yang mereka butuhkan per paket atau satu set. Dan langsung dikirimkan ke rumah. Pastinya mereka akan dengan senang hati untuk berlangganan tanpa harus ribet habisin waktu dan tenaga untuk keluar rumah.

Sistem inilah yang dipraktekkan oleh BirchBox. BirxhBox akan mengirimkan beberapa produk yang berbeda-beda ke pelanggan secara otomatis. Karena saking populernya dan respon masyarakat pun bagus, tidak heran jika banyak yang meniru sistem berjualan produk secara berlangganan ini, antara lain:

  • LootCrate – produk-produk unik untuk gamer,
  • Glassful – produk wine,
  • DollarshaveClub – pisau cukur,
  • Japan Crate – produk snack Jepang,
  • CandyClub – produk permen,
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika diamati dari produknya, produk yang dijual tidak selalu merupakan kebutuhan primer manusia, bahkan untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting pun bisa dijual dengan sistem ini, seperti permen dan snack, maupun produk gamer untuk para pecinta game. Yang penting, produk yang anda jual harus habis dalam hitungan hari maupun minggu. Sistem ini juga bisa dipraktekkan untuk penjualan ke luar negeri.

Di Indonesia sendiri, anda bisa mempraktekkannya. Seperti produk kopi, snack, sembako, maupun kebutuhan rumah tangga bulanan. Anda hanya cukup mengumpulkan beberapa produk yang berbeda dan yang sering dipakai masyarakat lalu mengemasnya dalam satu kardus/paket dan menjualnya dengan sistem berlangganan.

 

  1. Berjualan Produk ke Luar Negeri melalui Amazon FBA

Kenapa harus FBA? Karena FBA atau Fullfilment by Amazon terkenal dengan sistem dan prosesnya yang sangat mudah, dimana FBA ini merupakan peluang bisnis online yang bisa dilakukan siapa pun, tanpa terbatas orang Amerika saja.

Caranya bagaimana? Berikut tahapan yang harus anda lakukan jika ingin berjualan di Amazon FBA:

  • Pilih produk di Alibaba.com yang menurut anda bakal laku keras untuk dijual.
  • Kirimkan produk tersebut ke Amazon.
  • Lalu daftarkan sebagai produk yang dijual di Amazon.
  • Selesai.

Sampai di sini tugas anda sudah selesai, selebihnya akan dihandel oleh Amazon sendiri. Dan jika ada yang memesan produk yang anda jual tadi, maka Amazon yang mengirimnya.

Sistem ini hampir mirip dengan berjualan produk dengan sistem dropshipping. Bedanya, di sistem dropshipping, anda melakukan transaksi jual beli hingga pembeli deal membeli produk yang anda pasarkan lalu pihak suplier yang menghandel. Sedangkan di Amazon FBA, anda hanya memilih dan mendaftarkan produk mereka di gudang mereka sendiri, dan menunggu profit jika ada yang memesan.

Amazon sendiri merupakan toko online terbesar di dunia. Jadi wajar jika pemasarannya meluas hingga ke seluruh penjuru dunia. Dengan begitu, anda tidak perlu melakukan promosi apapun jika berjualan di Amazon. Bukan hanya itu saja, Amazon juga mempermudah proses berjualan. Anda bisa memesan produk melalui Alibaba.com dari supplier di China langsung. Dan supplier ini yang akan mengirimkan produknya ke Amazon. Mudah dan simpel bukan? Jadi tugas anda hanya sebagai penghubung.

Banyak sekali orang yang sukses berjualan di amazon dengan penghasilan luar biasa yang bisa anda jadikan sebagai contoh, antara lain:

  • Greg Mercer menjadi penjual nomor 1 untuk kategori produk tertentu yang dijual di Amazon.
  • Spencer Haws mampu meraup omset sebesar $40,639 hanya dalam waktu 30 hari.
  • Kyle Taylor mendapatkan penghasilan $10,000 dalam waktu 2 bulan dengan FBA.
  • Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

 

  1. Menjual Desain Kaos

Banyak toko fashion baik toko offline maupun online yang menjual kaos dengan berbagai model desain yang unik dan cantik. Namun, sebagian besar pemilik toko seringkali kesulitan untuk membuat desain kaos sendiri, padahal mereka mampu mencetak dan menjual ribuan kaos per harinya.

Nah, ini merupakan peluang usaha yang masih terbuka lebar bagi anda yang jago dalam membuat desain. Apalagi desain kaos yang anda buat memiliki ciri khas tersendiri, lucu, unik, dan menarik. Pastinya banyak pengusaha kaos yang bakal melirik.

Untuk tahap awal, anda perlu melakukan pendekatan langsung ke para penjual, atau memasang iklan di media sosial maupun lainnya secara online. Atau anda juga bisa membuat beberapa kaos dengan desain yang anda miliki lalu anda tawarkan ke suplier/penjual.

Peluang usaha ini terbilang menjadi ide bisnis kecil-kecilan dengan modal yang minim. Karena anda hanya menjual desin kaos saja tanpa harus ribet mencetak kaos sendiri. Meskipun begitu, jika ditekuni dan anda semakin kreatif dalam membuat desain, tidak menutup kemungkinan, para suplier kaos justru yang akan mencari anda.

Anda juga bisa mencoba menjual desain kaos di Teespring. Apa itu Teespring? Teespring adalah situs crowdfunding di Amerika yang bisa mengupload desain dan mencetak kaos dengan target tertentu. Dimana pada saat target yang ditentukan tercapai, maka pihak Teespring sendiri yang akan mencetak kaos dan mengirimkannya ke pembeli. Sementara tugas anda hanya di pemasaran saja.

Di situs Teespring ini, desain kaos sederhana sekalipun biasanya dalam sehari laku terjual hingga lebih dari 150 buah kaos. Jika per kaosnya mendapatkan keuntungan sebesar $5, berarti dalam sehari omset yang didapatkan sebesar $905 atau senilai kurang lebih Rp 10 juta. Tertarik?

Meskipun begitu, di Teespring ada sisi kelemahannya, antara lain:

  • Pertama: Anda hanya bisa memasarkan kaos terbatas ke orang Amerika saja, kenapa? Karena jika dijual ke luar negeri, harga kaos akan menjadi mahal. Meskipun teespring sendiri sebenarnya bisa mencetak kaos dan mengirimkannya ke luar negeri.
  • Kedua: Pemasaran yang anda lakukan harus memenuhi target yang sudah ditentukan sejak awal. Target jumlah kaos di sini sangat mempengaruhi harga kaos per buahnya. Semakin tinggi target yang anda tentukan, maka harga kaos anda pun semakin murah. Sebagai contoh: anda memasang target 25 buah kaos, berarti anda harus berhasil memasarkan kaos minimal ke 25 pembeli. Jika tidak, maka kaos tidak akan dicetak karena penjulan dibatalkan dan anda tidak akan dibayar. Maka dari itu, untuk lebih amannya, jangan memasang target penjualan terlalu tinggi.

Jika anda ingin menjual desain kaos di Indonesia, anda bisa mencoba di situs Tees.co.id, dengan sistem penjualan yang sedikit berbeda dari Teespring. Di Tees, rata-rata harga kaos per buahnya sebesar Rp 120.000. Jika anda ingin mendapatkan keuntungan, maka anda harus menjual kaos per buahnya dengan harga di atas harga tersebut.

 

Itulah 32 ide bisnis dan peluang usaha online yang menjanjikan dan dapat anda coba dari sekarang. Untuk tahap awal, anda bisa memulai salah satu peluang usaha di atas yang menurut anda cocok sebagai usaha sampingan terlebih dahulu. Jika anda merasa cocok dan compatible dalam bidang tersebut, anda bisa lebih serius lagi dan konsentrasi menjadikannya sebagi peluang bisnis utama anda.

Tinggalkan Balasan