18 Peluang Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kecil

Dalam artikel bisnis kali ini, kami akan membahas tentang ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan dengan modal kecil. Semoga uraian yang kami paparkan nanti bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari peluang usaha yang cocok bagi anda.

Seindah-indahnya menjadi karyawan dari suatu perusahaan tentunya lebih indah jika punya usaha sendiri. Karena sehebat apapun kita dalam suatu perusahaan, perusahaan tersebut tetap bukanlah milik kita sendiri, tapi adalah milik pemilik usaha atau investor. Sedangkan jika kita mulai merintis usaha kita sendiri, meskipun kecil, usaha tersebut adalah milik kita, yang bisa kita kembangkan semau kita, dan tentunya akan lebih semangat untuk mengembangkannya, karena usaha tersebut merupakan aset kita yang suatu saat bisa kita wariskan ke anak-cucu kita.

Tapi meskipun kita sangat bersemangat untuk mulai membuka suatu usaha, jangan terburu-buru untuk resign (mengundurkan diri) dari pekerjaan kita, perhatikan dana yang kita miliki untuk merintis suatu bisnis. Jika kiranya lebih dari cukup untuk modal dan biaya hidup dalam waktu sesuai dengan perhitungan paling lambat dari kesuksesan usaha anda, maka silahkan resign agar bisa lebih fokus dalam berbisnis.

Sedangkan jika dana yang anda miliki belum mencukupi, maka akan lebih baik jika anda tetap bekerja pada perusahaan anda sekarang, dan menggunakan waktu sisa yang anda miliki untuk merintis usaha anda sesuai dengan kemampuan dana anda saat ini. Dengan begitu, anda akan lebih aman dalam mengatasi problem-problem keuangan yang mungkin timbul saat usaha anda nanti sedang berjalan.

Jangan karena ambisi untuk cepat sukses dalam berwirausaha menjadikan anda menanggung hutang yang sulit teratasi. Karena sebenarnya, bisnis yang dimulai dari modal utangan tidak lah sehat, kecuali jika anda punya keyakinan 99% bahwa bisnis anda akan sukses. Silahkan gunakan uang hutang untuk mengembangkan usaha, karena dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk mengukur kemampuan dalam membayar utang dan profit yang anda hasilkan dari bisnis anda.

Karena seringkali orang memulai usaha dari modal hutang justru berakibat kesulitan dalam menutupnya. Biasanya karena ternyata keuntungan yang didapat dari usaha yang dijalankan tidaklah sesuai dengan bunga hutang yang harus dikeluarkan. Akhirnya, bukan usaha semakin berkembang, tapi justru hutang yang semakin besar melilit, berakibat hidup tidak tenang dan usaha menjadi amburadul.

Untuk mensiasati hal tersebut, pilih ide bisnis modal kecil, sehingga akan lebih leluasa dalam mengelola keuangan. Tidak begitu khawatir ketika terjadi kegagalan. Dengan begitu akan lebih nyaman dalam membangun dan mengembangkan bisnis yang anda rancang.

Dan dalam tulisan kali ini, akan kami sajikan 18 ide usaha sampingan modal kecil yang bisa anda jadikan inspirasi sebelum anda terjun ke dunia usaha.

Untuk memulai peluang bisnis berikut, anda hanya memerlukan kurang lebih 10 Juta Rupiah, untuk bisa segera memulainya.

 

1. Membuka Usaha Penjualan Pulsa Elektrik

Dengan makin banyaknya pengguna telepon selular atau handphone saat ini, dimana hampir setiap orang sudah memilikinya, membuka bisnis pulsa elektrik adalah ide bisnis yang menguntungkan dan sangat patut dipertimbangkan.

Meskipun sudah banyak terdapat orang yang membuka penjualan pulsa elektrik tapi anda tidak perlu khawatir, karena bisnis ini sudah mirip bisnis sembako, dimana setiap orang membutuhkannya. Jadi kemungkinan suksesnya masih cukup lebar. Sudah ada contoh, dimana terdapat orang yang berbisnis pulsa dan berhasil mendapat omset hingga triliunan rupiah setahun.

Untuk memulai usaha pulsa, mungkin berjualan pulsa elektrik adalah langkah awal yang tepat bagi anda, dimana anda tidak memerlukan kartu sehingga anda pun tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat. Anda hanya bisa langsung berjualan melalui telepon genggam yang anda miliki, sehingga anda tidak perlu kerepotan dalam masalah tempat dan lain-lain.

Jika anda ingin memulai bisnis pulsa elektrik, modal yang harus anda keluarkan pun tidak perlu terlalu banyak. Dengan mengeluarkan modal sekitar Rp.1 Juta hingga Rp.3 Juta, anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Sedangkan untuk pangsa pasarnya pun sangat kondisional menyesuaikan aktivitas anda yang lainnya. Pulsa elektrik tersebut bisa anda tawarkan ke teman kerja maupun tetangga-tetangga anda, dan orang-orang lainnya yang sering berinteraksi dengan anda.

 

2. Membuka Jasa Laundry Pakaian

Di jaman ini, dimana segalanya dikerjakan serba instan, semuanya ingin serba praktis, malas untuk mengerjakan hal-hal yang kecil agar bisa melakukan aktivitas yang lebih penting. Masyarakat pun mulai malas mencuci baju dan menyetrika baju sendiri disebabkan oleh kesibukan-kesibukan lain. Dengan begitu, terbuka lebar bagi orang yang ingin membuka jasa dalam bidang ini. Jika anda berminat dan ide bisnis ini anda anggap cocok dengan diri anda, maka jangan ragu untuk memulainya.

Sebelum membuka usaha ini, pilih lokasi yang tepat agar mendapatkan pelanggan yang sesuai. Biasanya adalah di area yang banyak ditempati mahasiswa dan karyawan, baik karyawan swasta maupun pegawai negeri sipil (PNS). Alasannya adalah karena mereka inilah yang umumnya menjadi pelanggan setia bagi jasa laundry pakaian ini, karena kesibukan mereka yang terkadang membuat mereka tidak sempat lagi mencuci pakaian sendiri.

Jika anda mampu memilih tempat yang tepat untuk usaha ini, perkiraan keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah antara 15% hingga 25%. Perhitungan ini dengan asumsi bahwa tarif untuk jasa laundry di tempat anda adalah sekitar Rp.4.000 hingga Rp.6.000 per kilogramnya.

Sedangkan untuk modal awal yang anda butuhkan adalah sekitar Rp. 10 Juta. Bahkan jika anda mau sedikit telaten dalam memilih lokasi dan peralatan yang tepat, anda hanya membutuhkan modal lebih kecil lagi, sekitar Rp.7,5 Juta saja.

Modal itu dibutuhkan sebagian besar untuk membeli mesin cuci otomatis satu tabung, dan untuk membeli mesin pengering pakaian. Juga untuk membeli alat-alat lainnya yang dibutuhkan sebagai pendukung bisnis laundry, seperti plastik pembungkus pakaian, setrika dan timbangan. Juga untuk membayar gaji pegawai sekitar Rp.500 Ribu hingga Rp.1 Juta per bulannya.

 

3. Membuka Usaha Jual Foto di Internet

Bisnis ini cocok bagi anda yang mempunyai hobi photography. Dengan ceprat-cepret, anda bisa menghasilkan​ keuntungan yang cukup besar. Yaitu dengan menjualnya di internet.

Ini merupakan jenis bisnis model baru yang patut anda coba. Jual karya jepretan andalan anda di toko online yang menjual, di antaranya adalah ShutterStock.com dan Istockphoto.com. Jika foto anda berhasil terjual di Istockphoto maka anda akan mendapatkan bayaran sebesar 15% dari harga penjualan foto anda. Sedangkan jika di ShutterStock, anda akan mendapatkan 20% – 30% dari harga penjualan foto. Masih banyak situs-situs lain yang menyediakan jasa penjualan foto yang bisa anda manfaatkan seperti StockFresh.com dan Fotolia.com.

Karena ini merupakan tempat penjualan internasional, maka alat yang perlu anda persiapkan sebagai piranti transaksi adalah akun PayPal untuk menerima hasil penjualan foto anda.

Usaha kreatif ini bisa dibilang hampir tanpa modal, anda hanya membutuhkan kamera digital untuk memfoto dan internet untuk upload foto. Akan lebih bagus lagi jika anda memiliki komputer atau laptop agar memudahkan anda dalam proses mengupload foto anda ke situs-situs tersebut.

 

4. Berjualan Sarapan Pagi

Di pagi hari, biasanya banyak orang yang kerepotan untuk menyiapkan sarapan, terutama bagi karyawan yang harus datang tepat waktu. Ini merupakan peluang usaha sampingan yang bisa kita manfaatkan. Usaha makanan ini merupakan bisnis yang menjanjikan.

Salah satu kemudahan dalam usaha kuliner ini adalah anda tidak perlu menyewa tempat untuk memulai usaha anda. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah anda sebagai tempat untuk menjual makanan. Buat menu sarapan yang cocok untuk dimakan di pagi hari seperti nasi uduk, gorengan, bubur ayam, dan lain-lain. Untuk masuk ke bisnis ini memang anda harus terbiasa bangun pagi, agar masakan anda siap saat masuk jam sarapan.

Keuntungan lain saat memulai bisnis ini adalah tidak butuh banyak modal. Cukup dengan Rp. 4 Juta per bulannya, anda sudah bisa langsung memulainya. Bahkan jika modal anda lebih sedikit, hanya hitungan Ratusan Ribu Rupiah pun, anda sudah bisa cepat menjalankannya. Sebagian besar uang modal tersebut diperlukan untuk membeli bahan baku makanan, di antaranya beras, telur, daging, sayuran, tahu dan tempe. Juga untuk membeli bahan bakar dan biaya transportasi.

Hanya dengan bermodalkan Rp.4 Juta per bulan, anda memiliki peluang untuk mengeruk laba bersih sebanyak Rp.2 Juta per bulan. Luar biasa bukan. Suatu pekerjaan yang kesannya simple tapi mampu menghasilkan keuntungan besar.

 

5. Bisnis Online Membuat Blog

Usaha lain yang bisa coba anda tekuni adalah membuat blog. Usaha ini dikategorikan sebagai bisnis online. Sudah banyak orang yang menghasilkan pundi-pundi dollar dari bisnis ini. Bahkan ada yang orang Indonesia yang telah mampu menghasilkan Rp.1 Milyar per bulan dari usaha online ini.

Jika anda mempunyai skill dan hobby dalam hal tulis-menulis, bisnis ini sangat cocok bagi anda. Apalagi jika anda mempunyai kemampuan berbahasa Inggris, kemungkinan anda sukses dalam mengeruk banyak uang semakin besar.

Usaha ngeblog bisa anda awali sebagai bisnis sampingan, jika anda sudah yakin bisa hidup dengan perantaraan ngeblog, anda bisa tinggalkan pekerjaan anda dan fokus di dunia blogging. Menjadikan ngeblog sebagai sumber penghasilan utama.

Hal paling penting di saat awal memulai ngeblog adalah kesabaran. Konsisten terus menulis artikel berkualitas meskipun blog anda belum banyak mendapat kunjungan dan penghasilan. Jika anda konsisten menulis, dalam waktu sekitar 6 – 8 bulan, kemungkinan sudah bisa mulai memetik hasilnya. Kunci bagi blogger pemula yang ingin mendapatkan uang dari ngeblog adalah kesabaran.

Konsisten menulis artikel berkualitas dan menghilangkan kejenuhan dalam menulis. Tulis, tulis, dan terus tulis. Usahakan fokus dalam satu bidang pembahasan (niche) supaya blog anda lebih cepat mempunyai banyak pengunjung.

Supaya anda tidak jenuh dalam menulis dan mampu menghasilkan tulisan yang berbobot, maka tulis pembahasan tentang​ hal yang anda kuasai dan menjadi hobi anda. Dengan begitu, kemungkinan artikel anda akan banyak dibaca orang menjadi semakin besar. Makin banyak pembaca blog anda, semakin banyak pula penghasilan yang bisa anda dapatkan.

Sedangkan modal untuk ngeblog sendiri tidaklah besar, bahkan ada yang tanpa modal sama sekali. Jika anda sama sekali tidak punya uang, anda bisa mendaftar di website yang menyediakan subdomain gratis seperti Blogspot. Sedangkan untuk internetnya, anda bisa nebeng di tempat-tempat yang menyediakan wi-fi.

Tapi akan lebih bagus, jika anda ingin memulai bisnis blog secara serius, maka kami sarankan untuk membeli domain dan menyewa hosting. Banyak penyedianya dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan modal Rp.500 Ribu per tahun pun anda sudah bisa memiliki blog premium alias bukan gratisan.

Untuk membuat blog atau websitenya, anda bisa cari di pencarian Google, sudah sangat banyak tutorialnya yang bisa diikuti secara mudah. Kalau anda tidak mau repot, anda bisa menyewa jasa pembuatan blog yang banyak bertebaran di forum-forum online. Tapi untuk menjadi seorang blogger, kami sarankan anda untuk juga memahami cara-cara membuat dan merawat blog, supaya anda bisa lebih mudah mengembangkan dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Mungkin anda bertanya-tanya darimana bisa menghasilkan uangnya. Anda tidak perlu khawatir, jika anda sudah sukses mengembangkan blog anda, terdapat banyak perusahaan periklanan yang bisa anda ajak kerjasama, di antaranya Google, dan lain-lain. Anda bisa juga memasang iklan mandiri, dengan menawarkan suatu perusahaan untuk beriklan di blog anda. Tentunya menawarkan ke perusahaan yang produknya sesuai dengan pembahasan yang ada dalam blog anda.

 

6. Membuka Bisnis Jasa Cuci Motor

Usaha lain yang bisa anda tekuni sebagai seorang karyawan adalah membuka jasa cuci motor. Saat ini jumlah kendaraan bermotor di Indonesia semakin melimpah. Tambah tahun semakin bertambah. Ini adalah suatu peluang​ yang harus dimanfaatkan dengan baik. Jika di area anda terdapat banyak orang yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasinya, jangan ragu untuk membuka bisnis cucian motor. Prospeknya sangat menarik.

Untuk membuka usaha yang menghasilkan keuntungan besar ini anda tidak butuh modal terlalu banyak. Lebih irit daripada membuka jasa cucian mobil. Karena peralatan yang dibutuhkan lebih sederhana. Yang dibutuhkan hanyalah pompa air, kompresor, shampo motor, kain lap, semir ban sepeda motor, serta peralatan-peralatan kecil lainnya sebagai pelengkap usaha ini.

Adapun modal yang anda butuhkan untuk memulainya pun tidak banyak. Hanya dengan modal Rp.2 Juta sudah bisa memulainya. Tentunya modal tersebut untuk ukuran usaha cuci motor yang sederhana. Jika anda ingin membangun bisnis cuci motor yang lebih premium, dibutuhkan sekitar Rp.9 Juta untuk memulainya. Perhitungan sederhananya seperti berikut, Rp.4 Juta untuk membeli peralatan cuci motor, Rp.2 Juta untuk membayar sewa tempat, dan Rp.3 Juta untuk biaya operasional sekaligus gaji pegawai, karena anda sebagai karyawan tentunya kesulitan untuk mengerjakannya sendiri. Biaya ini akan lebih kecil jika anda mampu memilih tempat dan alat yang lebih murah, juga apabila gaji UMR pegawai di tempat anda ternyata cukup murah.

 

7. Bisnis Toko Online

Usaha lain yang bisa anda coba sambil tetap menjadi karyawan adalah berjualan secara online dengan membuat toko online. Di mana di toko online tersebut anda bisa menjual berbagai produk sesuai dengan yang anda kehendaki.

Perlu anda ketahui, bahwa saat ini masyarakat sudah sangat melek internet, hal ini memicu budaya belanja online. Peluang ini bisa anda manfaatkan dengan coba berjualan secara online. Sambil tetap menjadi karyawan, anda bisa mencoba bisnis ini. Setelah anda yakin bisnis online ini bisa anda andalkan sebagai sumber penghidupan, silahkan resign dari pekerjaan anda agar bisa lebih fokus mengembangkan toko online anda agar semakin cepat membesar.

Prosesnya mirip seperti membuat blog. Anda hanya perlu membuat web dan kemudian mengisinya dengan gambar serta keterangan dan harga produk yang ingin anda jual. Jika anda berkeberatan dengan modal pembuatan websitenya, anda bisa juga berjualan di pasar online (marketplace) seperti Bukalapak dan Tokopedia, maupun di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan website.

Di toko online ini anda bisa menjual berbagai produk maupun jasa. Mulai dari pakaian, barang elektronik, kerajinan tangan, pulsa dan lain sebagainya, semuanya bisa anda jual secara online.

Modal yang dibutuhkan dalam membangun toko online pun sangat bisa anda sesuaikan dengan kemampuan anda. Jika anda ingin membuat toko online dengan menggunakan media website maka dana yang dibutuhkan mirip seperti membuat blog. Cukup dengan Rp.500 Ribu, anda sudah bisa memiliki website toko online. Sedangkan jika anda ingin lebih irit dalan pembuatan medianya, anda bisa manfaatkan blog gratisan, media sosial ataupun marketplace.

Namun, apabila anda ingin serius berjualan online, akan lebih baik jika semua piranti yang ada, anda manfaatkan. Mulai dari media sosial, marketplace, serta membuat website toko online. Untuk website, tampilannya akan lebih baik jika berbeda dengan website informasi sebagaimana umumnya dengan menggunakan theme khusus toko online, ada yang berbayar dan adapula yang gratisan.

Setelah paham cara membuat toko online, mungkin anda kebingungan untuk mencari barang yang dijual. Tidak perlu bingung! Karena jika anda tidak punya produk sendiri untuk dijual, anda bisa menggunakan sistem dropship.

Yaitu sistem dimana anda tidak harus mempunyai barang sendiri, anda hanya perlu memposting gambar produk, harga, dan deskripsi barang di toko online anda, kemudian saat ada order masuk, anda bisa hubungi pihak penjual aslinya, dan kemudian mentransfer uang sejumlah harga asli, dimana setelahnya pemilik barang aslinya lah yang akan mengirimkan barang kepada pembeli anda. Anda bisa memanfaatkan fasilitas dropshipping yang diberikan oleh para seller bagi dropshipper di Bukalapak dan Tokopedia.

Baca juga artikel 10 Cara Menghasilkan Uang Lewat Internet dengan Hasil yang Menggiurkan.

 

8. Bisnis Cafe atau Warkop Sederhana

Membuka usaha kafe (cafe) atau warung kopi sederhana bisa anda jadikan usaha sampingan. Tidak perlu terlalu mewah, jika modal anda belum mencukupi. Yang penting adalah pemilihan lokasi yang cukup strategis, maka kemungkinan besar kafe anda bisa berjalan dengan baik.

Akan lebih baik lagi, jika pemilihan lokasi ini berada tidak jauh dari kediaman anda, sehingga akan lebih menghemat waktu dan biaya transportasi. Usahakan berlokasi di area yang banyak anak muda senang kongkow-kongkow, seperti di wilayah kampus.

Secara hitungan bisnis, bisnis warung kopi sangatlah menguntungkan, karena keuntungannya bisa sampai 100% dari modal. Segelas kopi yang modalnya Rp.1.000, bisa anda jual menjadi Rp.2.000. Untung menambah penghasilan dan membuat usaha warkop anda makin laris, sangat baik jika anda juga sekalian menjual berbagai gorengan, kue, mie rebus, bubur kacang ijo dan minuman-minuman lainnya seperti teh, jus, minuman soda, dan sebagainya.

Bermula dari usaha warung kopi kecil-kecilan, jika anda telaten dan digarap secara profesional maka bisa berkembang menjadi bisnis kafe besar dengan brand premium. Beri ciri khusus untuk warung kopi anda, hal ini bertujuan agar suatu saat nanti anda lebih mudah untuk mengangkatnya menjadi suatu brand unik tersendiri.

Semakin meningkat omset usaha anda, makin lengkap pula apa yang anda sajikan. Di saat baru merintis berikan harga yang murah, tapi pada saat sudah banyak dikenal sebagai kafe premium, berikan harga yang lebih tinggi namun terjangkau. Karena saat ini kafe bukan hanya tentang rasa kopi, tapi juga tentang gengsi. Seringkali terjadi kafe yang harga produknya mahal lebih laris daripada kafe yang produknya murah.

Untuk membuka sebuah warung kopi sederhana, dengan modal Rp.10 Juta sudah mencukupi. Modal itu digunakan untuk membeli berbagai peralatan warung kopi seperti meja, kursi, sendok, gelas, dan peralatan-peralatan lainnya. Juga digunakan untuk menyewa tempat dan membayar seorang pegawai.

Silahkan baca juga artikel terkait Peluang Bisnis Cafe.

 

9. Membuka Bisnis Jasa Desain Grafis

Jika anda adalah seorang yang membunyai keahlian dalam bidang desain grafis dan hobi dalam bidang ini, banyak peluang usaha yang bisa anda andalkan berbekal skill yang anda miliki. Di antaranya adalah membuka jasa pembuatan desain baju, kaos, poster, maskot, kartu nama, interior, dan lain-lain yang membutuhkan keahlian desainer grafis.

Dalam menjalankan bisnis ini jangan hanya mengandalkan konsumen offline, tapi pasarkan juga secara online. Jual keahlian anda di pasar-pasar online yang menyediakan lapak bagi para desainer. Di antaranya adalah situs Projects.co.id dan Sribu.com. Untuk pasar luar negeri, anda bisa memanfaatkan situs-situs berbahasa Inggris seperti Elance.com, 99designs.com, dan Upwork.com. Di situs-situs berbahasa Inggris ini banyak berkumpul para desainer internasional yang menawarkan jasanya kepada para konsumen. Keuntungan menawarkan jasa di situs berbahasa Inggris itu, hasil karya anda akan dinilai dalam dollar, sehingga saat diconvert ke uang rupiah akan relatif lebih banyak.

Modal utamanya tentunya adalah seperangkat komputer yang mempunyai kekuatan untuk digunakan dalam desain grafis, dimana harganya tidak sampai Rp.5 Juta. Modal lainnya adalah koneksi internet untuk memasarkan usaha jasa anda di dunia online.

 

10. Membuka Usaha Jual Beli Motor Bekas

Jika anda mempunyai hobi dalam bidang otomotif, tidak ada salahnya jika anda membuka usaha jual beli motor bekas sebagai usaha sampingan. Untuk memulai bisnis ini sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan bisa disesuaikan dengan waktu luang anda.

Perlu anda ketahui bahwa bisnis jual beli mobil bekas sangatlah prospektif, mengingat hampir di setiap rumah tangga membutuhkan tersedianya kendaraan bermotor. Peluang menjual sepeda motor bekas pun menjadi besar, dikarenakan hampir setiap tahunnya tiap produsen kendaraan bermotor selalu mengeluarkan model terbaru. Sehingga akan tersedia banyak motor bekas.

Di sisi lain, banyak pula orang yang tidak mampu membeli sepeda motor baru karena harga yang tidak terjangkau oleh kondisi ekonomi maupun keuangan masyarakat kelas bawah, sehingga peluang terjualnya motor bekas menjadi sangar besar. Adakalanya menjual motor bekas justru bisa menghasilkan uang lebih banyak daripada menjual motor baru.

Meskipun besar potensi keuntungan yang bisa didapat, tentunya ada pula kelemahan dalam usaha ini, dimana terkadang sepeda motor yang ada di pasaran merupakan motor yang tidak lengkap surat-suratnya, baik STNK nya ataupun sekaligus dengan BPKB nya. Ada pula motor yang onderdilnya sudah banyak yang tidak asli, sehingga mengurangi harga jualnya. Lebih parah lagi, terkadang ada pula motor bekas yang merupakan hasil curian. Anda harus perhitungkan benar semua aspek ini, agar bisa mengambil keuntungan yang pantas.

Untuk memulai usaha ini, anda tidak perlu untuk mengeluarkan modal besar. Karena biasanya motor bekas harganya akan jatuh lumayan tajam. Bahkan, jika anda tidak memiliki modal pun, anda tetap bisa terjun di bisnis ini, yakni dengan menjadi seorang makelar jual beli motor bekas. Jika anda adalah seorang yang bisa dipercaya, maka peluang anda untuk menjadi seorang makelar motor akan lebih besar. Anda bisa mendata motor-motor tetangga atau teman anda yang ingin dijual, kemudian anda tawarkan kepada teman atau tetangga yang lain. Mengambil keuntungan dari peningkatan harga atau dari persenan penjualan sesuai kesepakatan dengan pihak pemilik motor.

Apabila anda adalah seorang pemula dalam bidang ini dan ingin memulai untuk belanja motor bekas, maka mulailah dari motor yang harganya tidak terlalu tinggi. usahakan di bawah Rp.5 Juta. Dengan modal Rp.10 Juta, anda sudah dapat memiliki fondasi awal 2 sepeda motor untuk memulai bisnis sepeda motor bekas. Supaya anda tidak keliru atau tertipu saat berbelanja, ada baiknya jika anda selalu update harga-harga motor bekas dari berbagai situs dan forum jual beli barang bekas seperti OLX dan situs-situs lainnya.

 

11. Membuka Usaha Jasa Les Privat

Sebenarnya keahlian apapun jika mampu mengemasnya dalam suatu kursus akan dapat menghasilkan suatu keuntungan. Tapi biasanya terdapat beberapa jenis keterampilan yang lebih potensial mendapatkan customer ketika dibuat sebagai suatu kursusan maupun les privat.

Sebagai contoh adalah keahlian dalam bermain musik dan berbahasa asing. Jika anda memiliki salah satu keahlian tersebut, anda mempunyai peluang untuk mendirikan suatu usaha jasa les privat, baik untuk les privat bahasa asing maupun les privat musik.

Dengan membuka usaha les privat, bukan hanya keuntungan material uang yang anda dapatkan, tapi juga akan semakin mengasah sklill anda dalam keahlian yang anda miliki.

Jika anda pintar berbahasa asing, misalkan bahasa Inggris, jangan ragu untuk coba membuka kursus bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah di sekitar area anda tinggal. Karena saat ini kebanyakan sekolah sudah banyak yang menggiatkan tentang kemampuan berbahasa Inggris, sehingga potensi usaha anda akan sukses lumayan besar.

Sedangkan jika anda pandai bermain musik seperti piano, biola, dan gitar, silahkan buka les musik yang berhubungan dengan alat musik yang anda kuasai. Les musik anda bisa sangat cepat menjadi besar, jika anda mampu secara singkat mendidik murid anda untuk bisa menguasai alat musik tertentu. Jadi yang dibutuhkan dalam usaha kursus atau les privat, bukan hanya keahlian kita, tapi juga kemampuan dalam mengajarkannya kepada orang lain. Adakalanya keahlian mengajarkan lebih penting daripada skill dasar yang dikuasai untuk diajarkan.

Sedangkan untuk biaya yang dibebankan kepada peserta les privat sesuaikan dengan standar ekonomi yang ada di daerah anda, yang mana hal ini bisa anda ukur dengan UMR di kota anda. Semakin tinggi UMR suatu daerah maka semakin tinggi pula tingkat kewajaran untuk menaikkan pula biaya les privat. Namun jika ternyata UMR di daerah anda cenderung rendah, maka jangan menetapkan biaya yang terlalu tinggi. Untuk data tentang UMR sendiri, bisa anda cek di situs pemerintah daerah anda, bisa juga anda cek di situs Kementerian yang berhubungan dengan perekonomian. Selain itu, sebagai pembanding harga, anda bisa melakukan survey terhadap usaha les privat yang sudah ada di daerah anda.

Untuk modal memulai les privat sederhana, dengan mengeluarkan dana sekitar Rp.1,5 Juta, anda sudah bisa mendirikan les privat sederhana. Perhitungan ini apabila anda tidak perlu menyewa tempat, adapun jika ternyata anda perlu menyewa maka pengeluaran anda harus lebih besar. Modal sejumlah Rp.1,5 Juta tadi digunakan untuk membeli meja, kursi, air mineral, dan alat-alat tulis seperti spidol, penghapus, papan tulis (board) dan lain-lain.

Selanjutnya, silahkan baca artikel Ide Usaha Rumahan Bimbingan Belajar dengan Modal Kecil.

 

12. Membuka Jasa Menjahit Pakaian

Jika anda atau keluarga anda mempunyai keterampilan dalam bidang jahit-menjahit, dalam artian menjahit secara profesional, tidak ada salahnya, sebagai pekerjaan sampingan, anda membuat usaha menjahit pakaian.

Untuk membuka usaha ini, anda tidaklah memerlukan suatu ruangan khusus. Anda bisa memanfaatkan ruangan seperti ruang tamu dan lain-lain di rumah anda sebagai tempat melakukan pekerjaan ini. Agar bisa bersaing dengan para. penjahit lainnya, anda harus banyak belajar tentang berbagai mode pakaian terbaru, supaya para pelanggan puas dengan hasil kerja anda. Anda bisa sering searching di Google tentang model-model pakaian masa kini. Juga mengikuti perkembangan trend baju di televisi.

Untuk memulai bisnis menjahit baju pun tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Dengan dana kurang lebih Rp.3 Juta, anda sudah bisa segera memulainya. Uang itu digunakan untuk membeli peralatan menjahit seperti mesin jahit dan mesin obras, serta peralatan lain yang diperlukan oleh seorang penjahit seperti benang, jarum, dan lain sebagainya.

 

13. Membuka Usaha Jualan Pakaian Murah

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan utama bagi manusia dari semua strata sosial. Maka tidak heran jika bisnis pakaian seringkali bisa menghantarkan orang menuju kesuksesan finansial. Jenis usaha ini pun masih terbuka lebar bagi anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang ini. Salah satu peluang yang bisa anda ambil dalam usaha pakaian adalah menjual baju murah. Karena tidak semua orang yang ingin beli pakaian mempunyai dana yang cukup untuk membeli dengan harga tinggi. Apalagi mayoritas masyarakat Indonesia ekonominya pas-pasan. Sehingga peluang anda untuk sukses dalam jual-beli pakaian murah sangatlah besar.

Usaha ini bisa anda jadikan sebagai bisnis sampingan. Tapi kelemahan dari usaha pakaian murah adalah seringkali​ modal tersendat disebabkan utang dari pembeli yang mana biasanya dari kalangan ekonomi bawah. Oleh karena itu, anda harus bisa benar-benar memanage agar modal anda aman.

Untuk memulai usaha ini, anda bisa berawal dari modal yang cukup kecil. Dengan uang Rp.3Juta, anda sudah bisa memulai usaha ini. Belanjakan uang itu untuk membeli pakaian di tempat-tempat grosir pakaian. Anda juga bisa membelinya dari toko-toko online yang menjual pakaian secara grosir. Caranya, silahkan cari di mesin pencari Google dengan kata kunci “Jual Pakaian Grosir”. Beli pakaian yang harga per potongnya di bawah Rp.60.000. Adapun jika anda ingin membeli pakaian yang kelasnya agak lebih tinggi, anda bisa membelinya di toko baju YOKYES.COM. Selain itu, anda juga bisa membelinya di pasar online seperti Bukalapak dan Tokopedia pada lapak-lapak yang menyediakan pembelian dengan harga grosir.

 

14. Membuka Usaha Penjualan Aneka Kue dan Roti

Jika anda atau anggota keluarga anda memiliki hobi dalam berkreasi membuat berbagai macam kue dan roti, hobi ini bisa diarahkan menjadi suatu bisnis yang sangat menghasilkan. Yakni dengan membuka toko aneka kue dan roti.

Untuk memulainya, agar cepat laku, anda bisa mulai memproduksi dan menjual kue dan roti yang namanya sedang trend akhir-akhir ini. Dengan begitu diharapkan perputaran penjualan anda bisa lebih cepat. Setelah itu bisa anda kembangkan kepada produksi kue yang bermacam-macam sesuai keinginan anda dan kue-kue yang banyak digemari masyarakat.

Jual kue dari berbagai jenis, baik kering maupun kue basah. Kue basah yang bisa anda coba buat di antaranya dadar gulung, bolu coklat, onde-onde basah, klepon, brownies kukus, lapis legit, kue cucur, bika ambon dan lain sebagainya, yang mana resepnya sudah banyak bertebaran di internet.

Sedangkan untuk kue kering, anda bisa mulai menjual kue-kue dan roti yang banyak digemari masyarakat, seperti nastar nanas, kukis selai kacang, walnut cream, dan lain-lain. Resep-resep tentang kue kering pun dapat dengan mudah anda temukan melalui mesin pencari di internet.

Dengan modal sebanyak Rp.10 Juta, anda sudah bisa memulai usaha aneka kue ini. Modal ini umumnya digunakan untuk berbelanja berbagai keperluan memasak seperti kompor, gas, oven, listrik, dan lain-lain, juga untuk membeli bahan baku seperti tepung, gula, pengharum kue, dan lain-lain yang dibutuhkan dalam pembuatan kue. Tapi perlu diingat bahwa modal Rp.10 Juta ini belum mencakup sewa tempat, jika dalam proses produksi dan pemasarannya, anda membutuhkan untuk menyewa tempat.

 

15. Membuka Usaha Jasa Penerjemah

Di era globalisasi seperti sekarang ini, orang dengan kemahiran berbahasa asing sangat dibutuhkan. Apabila anda merupakan seorang yang menguasai bahasa asing dengan baik, terutama bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Arab, dan lain-lain, maka anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa penerjemahan sebagai pekerjaan sampingan di sela-sela kesibukan anda.

Keunggulan dari usaha ini adalah keleluasaan waktu. Anda bisa mengerjakan pekerjaan terkait pekerjaan sampingan anda di waktu-waktu senggang anda. Bisa anda kerjakan sebelum berangkat kerja maupun selepas kerja. Dan anda pun bisa memanfaatkan waktu liburan anda untuk menggarap pekerjaan sampingan anda ini.

Cukup dengan keahlian berbahasa, laptop/komputer, dan pulsa internet, anda sudah bisa terjun ke bidang usaha jasa ini. Untuk memudahkan pekerjaan anda, gunakan kamus online seperti Google Translate, sehingga arti kosakata yang tidak anda ketahui bisa segera ditemukan.

Pasarkan keahlian anda dengan membuat semacam famplet, brosur, dan lain-lain untuk menarik klien secara offline. Sedangkan secara online, anda bisa memasarkannya via media sosial ataupun situs-situs yang menyediakan peluang bagi penterjemah seperti Freelancer.com.

 

16. Membuka Usaha Jasa Pengetikan

Untuk membuka usaha jasa pengetikan, anda hanya memerlukan komputer/laptop untuk memulainya, sehingga apabila saat ini anda sudah memiliki alat tersebut, anda bisa segera memulainya. Akan tetapi usaha sampingan jasa pengetikan ini cocok anda kerjakan apabila lokasi aktivitas anda berada di sekitar kampus atau sekolahan. Hal ini karena, kebanyakan pengguna jasa pengetikan adalah para mahasiswa ataupun siswa yang malas atau tidak sempat untuk mengetik skripsi atau tugas-tugas lainnya.

Sedangkan untuk tarif yang bisa dikenakan pada bisnis jasa pengetikan ini adalah dihitung per jumlah kata ataupun per halaman sesuai dengan kondisi lingkungan anda. Saat ini, biaya yang biasa dikenakan untuk pengetikan adalah Rp.2.500 untuk setiap halamannya.

 

17. Menjadi Makelar Properti

Kesempatan usaha lain yang bisa ambil adalah menjadi seorang makelar properti. Ini bisa anda lakukan jika di daerah anda tinggal terdapat apartemen atau perumahan baru. Anda bisa bekerjasama dengan pihak pengembangnya untuk membantu memasarkan properti yang mereka bangun. Jika anda berhasil melobi mereka, dalam memasarkannya, anda bisa tawarkan kepada teman dan relasi kerja anda. Juga bisa anda tawarkan secara profesional dengan memberikan penawaran kepada publik yang lebih luas.

Biasanya, dalam kerjasama tersebut anda akan diberikan kisaran profit yang lumayan besar ketika berhasil menjualkan unit properti mereka, juga bonus tertentu jika anda berhasil menjualkan cukup banyak properti.

Untuk memulainya pun anda tidak memerlukan modal terlalu banyak, bahkan terkadang tanpa modal sama sekali. Karena modal utamanya adalah kepercayaan, dari calon pembeli maupun dari pemilik properti.

Untuk dapat memikat calon pembeli, anda harus mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, mampu merayu pembeli agar mau membeli properti yang anda tawarkan. Diperlukan strategis pemasaran agar bisa menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Gunakan piranti-piranti yang diperlukan untuk mempermudah proses pemasaran anda, seperti menggunakan kartu nama, brosur, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel berjudul 10 Langkah Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal bagi Pemula.

 

18. Menjadi Seorang Ghost Writer (Penulis Bayaran)

Apabila anda memiliki kemampuan dalam dunia tulis-menulis, mungkin pekerjaan sampingan ini dapat anda ambil. Manfaatkan keahlian anda di waktu senggang pekerjaan anda untuk menulis sesui pesanan dari pembeli. Untuk mencari orang-orang yang membutuhkan jasa penulisan artikel, anda bisa manfaatkan mesin pencari dengan menulis keyword “peluang ghost​ writer”.

Banyak di dunia internet orang-orang yang membutuhkan jasa ini, di antaranya adalah para blogger profesional yang money oriented, perusahaan-perusahaan periklanan, dan lain sebagainya. Berawal dari secara mandiri menjadi penulis artikel bayaran, jika anda sudah memiliki klien yang luas, bisa dikembangkan dengan merekrut teman-teman anda yang mempunyai kemampuan dalam bidang kepenulisan. Yakni, anda menjadi penengah antara klien dan para penulis. Mengambil sekian persen penghasilan dari transaksi jasa penulisan tersebut.

 

Penutup. Menjadi seorang karyawan yang memiliki sedikit modal tidaklah menjadi penghalang bagi anda yang memiliki​ cita-cita untuk menjadi pengusaha, karena terdapat banyak sekali jenis usaha modal kecil yang bisa anda mulai jalani di sela-sela kesibukan anda. Demikian 18 ide usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil yang dapat kami contohkan sebagai acuan anda dalam memilih model bisnis yang cocok bagi kepribadian anda.

Pilihlah jenis usaha yang cocok bagi anda, sehingga tidak menghalangi anda untuk tetap melaksanakan kerja utama anda. Ini bermanfaat agar ketahanan keuangan anda cukup kuat. Jangan terburu-buru keluar dari pekerjaan utama anda, jika keuangan anda kurang bisa diandalkan untuk bertahan dalam waktu sesuai yang diprediksikan. Kecuali jika anda telah memiliki modal yang cukup, maka akan lebih baik jika anda segera resign agar bisa lebih konsentrasi dalam menjalankan bisnis anda. Dan akhirnya, semoga apapun jenis bisnis yang anda pilih akan menjadi jalan kesuksesan dalam anda merintis diri menjadi seorang pengusaha!

 

2 Comments

    • KonsultasiBisnis.com

Tinggalkan Balasan